Satu PDP Covid-19 Dharmasraya Meninggal di M Djamil Padang

oleh -3.215 views
Suasana persiapan pemakaman pasien PDP asal Dharmasraya meninggal dunia di M Djamil Padang, Sabtu 9/5 (foto: dok/ssd-dms)

Dharmasraya,—Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) covid19 asal Kabupaten Dharmasraya, meninggal dunia di RS M Djamil Padang.

Info diperoleh malam ini, PDP meninggal dunia itu lansung dimakamkan sesuai dengan Protap Pemakaman Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat dr Rahmadian membenarkan adanya warga asal Dharmasraya meninggal dunia berstatus PDP di M Djamil Padang.

“Ya Innalillahi Wainnaillahi Rojiun, almarhumah YM usia 50 tahun domisili di Lagan Jaya Sipangkur,”ujar dr Rahmadian lewat hanphonenya, Sabtu 9/5.

Dari riwayat medis pasien meningga dunia itu pada tiga bulan lalu keluarga pasien meminta surat rujukan ke Puskesmas Tiumang, karena pasien di Rawat di RSUD Sungai Dareh dengan menjalani cuci darah rutin sekitar 8 bulan yang lalu.

”Pada  7 Mei 2020 jam 07.14 wib pasien masuk IGD RSUD Sungai Dareh Dilakukan pemeriksaan rontgen dan pemeriksaan labor (trombosit). Dan dirujuk dengan Diagnosa GGK + ulkus pepticum + Trombositopeni. Pasien merupakan pasien rutin cuci darah di RSUD Sungai Dareh selama 8 bulan terakhir dengan jadwal Selasa dan Kamis. Pasien dirujuk ke RS. DR. M.Djamil Padang sekitar jam 21.00 Wib,”ujar Rahmadian.

Pada Jumat Pasien masuk RSUP M.Djamil Padang. Info dari RS. M.Djamil sudah diambil swab dan hasil masih menunggu. Pasien meninggal di RS Sabtu degan diagnosa PDP Covid-19  dengan gagal ginjal dan trombositopenia dan saat sudah di lakukan penanganan sesuai dengan SOP Covid 19 oleh Tim Gugus Tugas Covid 19.RSUD M jamil Padang.

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 gabungan baik kabupaten dan kecamatan kata dr Rahmadian sudah berada di Tiumang untuk melakukan pemakaman pasien tersebut.

“Pemakaman sesuai Protap covid19, Insya Allah malam ini dilakukan,”ujar dr Rahmadian.

Sementara itu Wali Nagari Sipangkur Arif Gumensa dihubungi mengatakan memang benar satu warganya meninggal dunia dalam Perawatan RSUD M Jamil Padang.

”Warga tersebut mengalami sakit ginjal, Informasi yang kami dapat malam ini dari pihak keluarganya, pasien meninggal dunia saat dalam perawatan RSUD M Jamil Padang. Warga kami sebelumnya telah rapid tes di RSUD M Jamil Padang setatusnya positif dan menjalani isolasi perawatan sesusai dengan prosedur covid19,”ujar Arif.(ssd-dms)