SDM Inovatif Desa Maju

oleh -271 views
Wamendes PDTT, Budi Arie hadiri pertemuan FKKD di Pacitan, Rabu 12/2.(foto: dok/ kemendes)

Pacitan,—Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi penuhi undangan Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kabupaten Pacitan yang menggelar dialog interaktif soal peningkatan kapasitas kepala desa.

Wamendes Budi Arie Setiadi menekankan soal pentingnya peningkatan kapasitas kepala desa dan perangkat desa.

“Kami akan terus berjuang untuk meningkatkan kapasitas Kepala Desa dan Perangkat termasuk pendamping desa, baik melalui assessment, pelatihan khusus dan sebagainya. SDM yang inovatif dan kreatif adalah kunci kemajuan desa, ” ujar Wamendes PDTT, Rabu 12/2.

Dihadapan 166 desa yang tergabung dalam 12 kecamatan ini, Wamendes Budi Arie menegaskan komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan level desa.

“Kami terus berusaha untuk meningkatkan level desa, dari yang tertinggal menjadi berkembang dan maju. Oleh karena itu pemerintah mempercayakan pengelolaan anggaran dana desa langsung dikelola oleh pemerintah desa,” tegas Wamendes Budi Arie.

Dana desa kata Budi Arie diharapkan bisa meningkatan sumber daya manusia, transformasi ekonomi, yang mana bertujuan untuk kemakmuran warga masyarakat desa.

Acara tersebut juga dihadiri Bupati Indartato, Ketua DPRD Indarta Nur Bayu Aji, Camat dan seluruh kepala desa, di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Indartato melaporkan desa-desa sudah merasakan dampak dari Nawacita Presiden Joko Widodo, yaitu membangun dari pinggiran.

“Program Nawacita membangun dari pinggiran Presiden Joko Widodo sudah bisa kita rasakan. Kami berharap untuk terus adanya peningkatan kapasitas perangkat desa. Jika desa maju, kabupaten maju, provinsi maju, maka Indonesia maju tercapai,” ujar Bupati Indartato.(rilis: kemendes)