Sebanyak 30 Orang Insan Wisata Di Kota Solok Dilatih PPKLH UNP

oleh -82 views

PADANG,— Sebanyak 30 orang yang terlibat dalam pengelolaan berbagai objek wisata di Kota Solok mengikuti pelatihan selama empat hari/ 23 -27 Agustus 2021 di Ruang Pertemuan Hotel Taufina Kota Solok. Pelatihan yang betemakan Pelatihan Sanitasi Lingkungan dan Pengelolaan Sampah di Desnitasi Wisata Kegiatan pelatihan ini, dipercayakan pihak OPD Pariwisata Kota Solok kepada Pusat Kajian Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PPKLH) Universitas Negeri Padang (UNP).

Ketua PPKLH UNP, Dr. Indang Dewata mengatakan “Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan pemahaman insan wisata, tentang clean, health, safety dan environment (CHSE), sehingga diharapkan setelah kegiatan ini para insan bisa menerapkAn ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan, tegas pakar Lingkungan Hidup Sumatera Barat, ketika diwawancarai Humas UNP via Ponsel.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvi Basri, SE, M.M, mengamini pernyataan Ketua PPKLH UNP tersebut, karena pihaknya akan menyiapkan program kawasan wisata yang mendukung dari sisi sanitasi lingkungan termasuk pengelolaan sampah, sehingga para insan wisata mendukung kawasan yang bersih, sehat dan nyaman di daerahnya. Sehingga destinasi wisata Kota Solok memberi kesan yang postif bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

Dalam kegiatan ini, PPKLH UNP menugaskan 3 orang sebagai pembicara, yaitu Ketua PPKLH UNP, Dr. Indang Dewata, M,Si dan Dr. Iswandi, M.Si (Pakar Penataan Lingkungan Pascasarjana UNP) dan Siska Alicia Farma M. Biomed (Ahli Ecoenzim FMIPA UNP). Pada kegiatan tersebut diimplementasikan dalam bentuk pendekatan latihan model interaktif, problem solving dan analisis kasus serta dikusi kelompok. (ER/ Humas UNP)