Secercah Harapan Petani Kopi Sumbar dari Belgia

oleh -388 views
Perusahaan pengeloah kopi Swedia siap tampung kopi Sumbar, kunjungan Gubernur ke Eropah. (foto : jasman)

 

REPORTASE                                                             JASMAN RIZAL

PADA hari ini, 29 Mei 2017, mulai pukul 10.00 waktu Antwerp Belgia, saya diundang oleh Perusahaan Molenbergnatie, sebuah perusahaan internasional yang bergerak di bidang pengumpul kopi dan pemasok kopi mentah terbesar di Eropa.

Molenbergnatie melalui Country Managernya Charles Contamine menjelaskan, bahwa perusahaan yg telah berdiri sejak tahun 1867 (150 tahun lalu) itu, membeli kopi dari pedagang seluruh dunia. Hal ini sangat kita apresiasi, karena akan sangat membantu petani kopi, khususnya bisa mengurangi rantai perdagangan kopi, dan petani bisa mendapatkan harga yang lebih baik.

Saya (Gubernur Sumbar Irwan Prayitno) didampingi tiga orang Bupati, yaitu Bupati Agam, Bupati Solsel dan Bupati Sijunjung, sangat tertarik untuk kembangkan lebih lagi perkebunan dan produksi kopi di Sumbar yang kemudian bisa dijual ke Molenbergnatie.

Kami melalui stakeholder terkait, mendorong dan memfasilitasi petani kopi kita di Sumbar, agar bisa masuk dan bekerjasama dg Molenbergnatie yang juga pemasok kopi Nestle, Starbuck dan lain-lain.

Peluang petani kopi kita di Sumbar terbuka lebar, karena kopi Indonesia, terutama kopi dari Sumbar, merupakan kopi terbaik di dunia atau berada dalam kualitas hight level. Kualitas kopi Sumatera, telah diakui sendiri oleh Molenbergnatie, yang saat ini masih membutuhkan kopi dari Indonesia.

Hal ini tentu semakin memperluas kesempatan kepada petani kopi kita untuk dapat berproduksi dengan kualitas lebih baik lagi.

Prinsip kita, sepanjang itu menguntungkan petani kopi dengan harga yang baik, kita akan dorong dan fasilitasi dengan sebaik-baiknya.(***)