Sejak Tahap Perancangan Dana Desa Diawasi Polri

oleh -616 views
Kapolda Sumbar Irjend Pol Fakhrizal pastikan dana desa di Sumbar diawasi jajarannya, Jumat 20/10 di Mapolda Sumbar. (foto dok)
Kapolda Sumbar Irjend Pol Fakhrizal pastikan dana desa di Sumbar diawasi jajarannya, Jumat 20/10 di Mapolda Sumbar. (foto dok)

Padang,—Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal mengatakan, pengawasan dana desa di daerah dilakukan sejak tahap perancangan, pembahasan, hingga penerapan.

Dan itu dilakukan oleh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang ada di setiap desa yang dipercaya melakukan pengawasan.

“Kami akan berikan arahan pada Bhabinkamtibmas sebelum mereka turun melakukan pengawasan, supaya mereka tahu apa yang harus diawasi,”ujar Kapolda Sumbar usai video conference MoU Kapolri, Mendagri dan Mendesa PDTT di Ruang Utama Polda Sumbar, Jumat 20/10 di Padang.

Kapolda Irjen Pol Fakhrizal menegaskan, mengawasi penggunaan dana desa, jajaran kepolisian harus profesional, bukan justru terlibat dalam upaya penyelewengan.

“Ada anggota polisi bermain mata untuk sebuah penyelewenangan pengguanan dana desa, sanksi tegas menantinya,”ujar jenderal bintang dua ini.

Fakhrizal juga berharap pihak Polri mengawasi dana desa bekerja kedepankan profesional dan proporsionalitas.

“Soal ini saya optimis jajaran Polda Sumbar selalu mengedepankan profesional dan proporsinal dalam bekerja awasi penggunaan dana desa,”ujar Irjend Pol Fakhrizal. (rilis humas pemprov sumbar)