Semarak…MTQ Nasional ke-40 Tingkat Sumatera Barat Menbawa Berkah kepada Masyarakat

oleh -1,496 views
oleh
1,496 views
Mengejukan menguatkan syiar Islam dari Solok Selatan untuk dunia, pembukaan MTQ Rabu 12/12-2023. (kampai)

Solok Selatan,—- Mengawali gelaran MTQ Nasional ke-40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di Solok Selatan, pembukaan bertabur pancaran cahaya dan disaksikan ribuan umat Islam.

Telah terlihat pancaran ceria dari ribuan wajah masyarakat Solok Selatan, ini terbukti ketika masyarakat mengiringi pawai ta’aruf bersama perwakilan dari seluruh kafilah peserta MTQ,

Pawai ta’aruf ini merupakan bagian dari rangkain pembukaan MTQ Nasional 40 Tingkat Sumatera Barat yang digelar di Solok Selatan.

MTQ Nasional 40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di Solok Selatan secara resmi di buka langsung oleh Gubernur Mahyeldi, Opening seremoni MTQ dilaksanakan di GOR Rimbo Tangah, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan.

Pada acara Pembukaan, 19 kafilah dari Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, berjalan tapi, Gubernur Sumbar  Mahyeldi berharap semoga ini dapat untuk melestarikan budaya Islam, terutama dalam hal membaca dan memahami Al Quran.

Gubernur Sumbar Mahyeldi harapkan syiar Slam semakin kuat di tanah Sumatra Barat, pembukaan MTQ Sumbar Rabu 12/12-2023 di Solok Selatan. (kampai)

“Mudah-mudahan MTQ ini akan menghadirkan sinergi, kolaborasi dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota bersama masyarakat di seluruh negeri,”ungkap Mahyeldi.

Bupati H Khairunas, berbangga dan ucapkan terimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur begitu juga kepada LPTQ serta jajaran yang telah percayakan Solok Selatan jadi tuan rumah MTQ ini.

Bupati H Kairunas (kanan) DNA Wagub Audy kompak sukses kan MTQ tingkat Sumbar. (kampai)

“Alhamdulillah, hampir 20 Tahun Kabupaten Solok Selatan mekar, baru untuk pertama kalinya melaksanakan even besar yang dikunjungi ribuan orang yang pengunjung, tentunya ini bisa meningkatkan ekonom Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan masyarakat Solok Selatan pada umumnya, Kata,” ujar H Khairunas.

H. Yulian Efi selaku ketua LPTQ Solok Selatan, Dalam laporannya menyampaikan MTQ Nasional ke XL tingkat Provinsi Sumatera Barat ini dilaksanakan dengan 13 cabang lomba yang diikuti oleh 1.149 orang peserta.

Defile kafilah pada.Pembukaan MTQ tingkat Sumbar Rabu 12/12-2023. (Kampai)

“Yang mana sebanyak 13 Cabang lomba. Dan diikuti oleh 19 Kabupaten Kota di Sumatera Barat dengan jumlah peserta sebanyak 1.149 orang, Kata,” Yulian Efi dalam laporannya di GOR Rimbo Tangah saat pembukaan MTQ Nasional ke 40 tingkat Provinsi Sumatera Barat,”ujarnya.

Semua Cabang yang akan diperlombakan pada MTQ ini adalah Cabang Seni baca Al Qur’an, Cabang Tartil, dan Cabang Qira’at. Kemudian Cabang Tahfidz, Cabang Tafsir, Cabang Fahmil Qur’an, dan Cabang Syarhil Qur’an, kemudian juga dilanjutkan dengan Cabang Kaligrafi, Cabang Khutbah Jum’at dan Adzan, serta Cabang Kitab Standar.

“Selanjutnya Cabang Karya Tulis Ilmiah, Cabang Tahfizd Hadits, dan terakhir Cabang Tartil Exekutif,”ujar Yulian Efi, yang juga merupakan Wakil Bupati Solok Selatan sekaligus Ketua Umum MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Selasa malam 12/12-2023.

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sumatera Barat terus melakukan berbagai perkembangan dan inovasi dalam penyelenggaraan MTQ. Sinergi antar elemen juga dilakukan untuk menyukseskan acara guna mendukung penyelenggaraan acara dengan hasil yang terbaik,

Seluruh upaya tersebut ditujukan sebagai seremonial dan untuk teris mengimplementasikan nilai Al-quran dalam kehidupan sehari-hari, Kata,” Ketua LPTQ Sumbar, Audy Joinaldy.

Sementara itu, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda dalam sambutannya pada Opening Ceremony MTQ mengatakan,
ini merupakan kehormatan besar dari Pemprov Sumatera Barat kepada Pemkab Solok Selatan dan juga masyarakat Solok Selatan yang dipercaya sebagai penyelenggara MTQ Nasional ke XL tingkat Sumatera Barat,

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Yolanda beri semangat kepada kafilah Solok Selatan saat pembukaan Rabu 12/12-2023.(kampai)

“Ini tentunya merupakan tantangan bagi kita masyarakat Solok Selatan dan kita buktikan kita pasti bisa, kita mampu melaksanakan kepercayaan yang diberikan kepada kita masyarakat Solok Selatan,”ujar Zigo.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat mengharapkan dari MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 di Solok Selatan ini bisa menghasilkan kafilah terbaik Sumatera Barat.

“Terbaik dari Solok Selatan inilah yang kita harapkan mengharumkan dan mewakili nama Provinsi Sumatera Barat pada ajang MTQ Nasional 2024 yang menurut rencana akan digelar di Kalimantan Timur nantinya,”ujar Kakanwil Kemenag Sumatera Barat DR. H. Mahyudin. (kampai)