Seperti Minum Obat, Tramtib Pasar Payakumbuh Semprotkan Disinfektan

oleh -174 views
Petugas Trantib Pasar di Payakumbuh beraksi semprotkan disinfektan, Senin 30/3 (foto: dok/dody)

Payakumbuh,—-Untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), petugas Trantib Pasar berupaya mensterilkan kawasan pasar Tradisional Ibuh dan pusat pertokoan Payakumbuh dengan penyemprotan Disinfektan, hal ini dilakukan tiga kali setiap harinya.

Hal tersebut dijelaskan Kadis Koperasi dan UKM kota Payakumbuh, Herlina didampingi Kabid Pasar Arnel kepada wartawan, Senin 30/3 di lapangan. Menurutnya, penyemprotan ini dilakukan tiga kali setiap harinya, lewat alat penyemprot manual, guna mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

“Kami juga menghimbau masyarakat pasar untuk tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, rajin mencuci tangan, dan kepada masyarakat Payakumbuh agar hanya bepergian untuk melakukan kegiatan yang mendesak seperti memenuhi kebutuhan pokok,” ujarnya.

Ditambahkan Kabid Pasar Arnel, pihaknya tak hanya melakukan penyemprotan di jalanan saja, sejumlah fasilitas umum yang berada di kawasan pasar, seperti mesjid di Pasar Tradisional Ibuh, setiap petak ruko, tempat parkir hingga kawasan PKL dan lainnya, juga disemprot cairan anti bakteri dan virus itu.

“Poinnya adalah membersihkan lingkungan pasar dari penyebaran virus korona dengan disinfektan. Tak hanya itu, edukasi terkait cara pencegahan virus korona masuk ke tubuh juga terus kami sampaikan,” paparnya.

Selain itu, warga pasar diimbau harus sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer serta sering berwudu untuk menjaga kebersihan. Physical distancing juga diterapkan agar penyebaran virus korona dapat diminimalisir, termasuk penggunaan masker.

Sementara itu, salah seorang pedagang di pasar, Rio (34) mengaku sangat senang dengan adanya penyemprotan ini. Menurutnya, saat warga butuh ketenangan di tengah mewabahnya virus korona, Bidang Pasar dan petugas Trantib langsung merespons permintaan warga pasar.

“Kami mengapresiasi karena responsnya cepat sekali. Harapan warga seperti itu, keluhannya didengar dan direspons dengan sangat baik. Pedagang jadi tenang berkat penyemprotan disinfektan dari petugas,” tandasnya.(dody)