Serangan Udara Ganjar Pranowo Dimulai, “Mau Ketemu Saya? Download Ganjaran App”

oleh -156 views
oleh
156 views
Antusias warga download Ganjar App saat peluncuran dan perayaan puncak Bulan Bung Karno di GBK, Sabtu (24/6).(doc)

Jakarta–Serangan udara pemenangan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden drai PDI Perjuangan akhirnya diluncurkan.

Begitu pula penilaian berbagai survey mulai ketat, Ganjar menjadi salah satu kandidat yang paling moncer dalam setiap hasil survei lembaga survei kredibel.

Sejalan dengan itu mesin politik pun terus bergerak. Mulai dari relawan, hingga kader PDI Perjuangan yang tersebar di berbagai daerah. Ada pula masyarakat perorangan yang menyatakan dukungannya pada Ganjar Pranowo, karena menganggap figur Ganjar yang paling tepat untuk melanjutkan pencapaian Jokowi.

Selain kelompok militan dan mesin partai, pemenangan Capres Ganjar Pranowo juga ditopang oleh sebuah media komunikasi bernama Ganjaran App. Media tersebut lahir dari para pendukung Ganjar yang ingin turut serta dalam memenangkan Ganjar Pranowo.

Ganjaran App merupakan media berbasis aplikasi digital yang mengakomodir beragam informasi dan gagasan Ganjar, aktivitas kelompok relawan, serta wadah diskusi pendukung Si Rambut Putih.

Ganjar Pranowo mengatakan, aplikasi ini bisa mempererat hubungan segenap pihak yang mendukung dirinya sebagai Calon Presiden.

“Mau ketemu saya? Download Ganjaran App,” katanya.

Dalam beberapa kesempatan, Ganjar Pranowo sering berpesan pada para pendukungnya untuk menyebarkan informasi yang benar dan melawan hoax. Ganjar ingin Pilpres 2024 dilakukan dengan kondusif dan damai.

Dengan misi itulah Ganjaran App menyajikan konten yang faktual dan menghibur. Aplikasi ini memiliki slogan, “Semua tentang Ganjar ada di sini”. Oleh karena itu sejak pertama kali Ganjaran App dibentuk, beragam informasi tentang Ganjar telah dikumpulkan dan kemudian disiarkan kepada khalayak. Tujuannya agar para calon pemilih paham siapa Ganjar dan apa saja yang sudah dilakukannya.

Aplikasi ini diluncurkan seiring dengan puncak perayaan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (24/6).

Menurut Pimpinan Redaksi, Azhari, dengan adanya aplikasi ini, semua upaya pemenangan pendukung Ganjar bisa terkonsolidasi dengan komunikasi yang intens. Sebab di sini mereka bisa saling bertukar informasi dan mendapatkan pembaruan. Setiap organ relawan juga bisa mengunggah kegiatan mereka di dalam aplikasi ini.

“Ganjaran App lebih dari sekedar aplikasi dan media informasi. Di dalamnya terhimpun banyak diskusi yang kemudian melahirkan narasi-narasi cerdas untuk memperkuat pemenangan Ganjar,” katanya.

Selain lewat platform digital, Ganjaran App juga melakukan penyebaran informasi lewat media sosial. Tujuannya agar bisa menjangkau masyarakat lebih luas.

“Tentunya kami tidak hanya mengakomodir relawan dan kelompok pendukung Ganjar saja, kami juga ingin materi pengenalan Ganjar yang ada di aplikasi juga sampai ke masyarakat luas,” imbuhnya.

*Fitur Ganjaran App*

Secara teknis, Azhari menjelaskan, untuk memperoleh informasi dari Ganjaran App bisa melalui aplikasi yang bisa didownload dari Play Store, atau mengunjungi berbagai platform media sosial Ganjaran App. Dengan harapan, masyarakat bisa mendapatkan informasi yang benar terkait Ganjar.

“Sebagai media informasi pemenangan, sekaligus wadah komunikasi relawan, kami ingin menciptakan ruang yang hangat di tengah konstelasi. Sekaligus untuk memerangi hoax dan fitnah yang membahayakan demokrasi,” ucapnya.

Azhari menyebutkan, Ganjaran App memiliki banyak kanal, di antaranya, Artikel, Komik, Video, Suara Relawan, Event dan informasi dalam bentuk Q&A bernama Tanya Ganjar.

“Dalam kanal Artikel itu termuat semua narasi tentang Pak Ganjar, baik yang positif atau penjelasan dari isu negatif yang berkembang. Ini bentuknya opini, karena kami menganggap, artikel opini lebih mudah menarasikan pesan. Tapi, meskipun bentuknya opini, artikelnya tetap memperhatikan etika jurnalistik dan kaidah hukum,” jelasnya.

Kata Azhari, Ganjaran App juga menyediakan medium lain untuk menyampaikan gagasan tentang Ganjar, yaitu berupa komik yang dikreasikan oleh kelompok paguyuban komik pendukung Ganjar.

“Jadi kami ada kerja sama dengan para komikus yang juga ingin berbuat sesuatu untuk mendukung Pak Ganjar. Makanya kemudian kami sepakat untuk membuat kanal komik itu untuk menyuguhkan kreativitas mereka. Jadi isi komiknya macam-macam,” katanya.

Selain itu, kata Azhari, ada juga kanal video, yang terbagi menjadi dua bentuk, video panjang dan pendek. Masing-masing video menyesuaikan outputnya di media sosial dan kebutuhan penonton.

“Kami ingin menampilkan video sesuai kebutuhan masing-masing orang. Video panjang untuk mereka yang ingin mengetahui informasi secara mendalam. Video pendek khusus bagi mereka yang ingin tahu secara sekilas. Karena mungkin mereka tidak punya banyak waktu. Dari segi medsos juga begitu, video panjang untuk Youtube, video pendek untuk Tiktok dan Instagram,” terang Azhari.

Dia menambahkan bahwa dalam aplikasi itu juga ada kanal Suara Relawan yang berfungsi untuk menjadi jendela bagi para pendukung Ganjar dalam menyuarakan pendapat dan dukungan mereka. Sementara kanal Event, itu untuk menginformasikan kegiatan relawan yang akan diselenggarakan.

“Formatnya seperti media sosial, di sini para pendukung Pak Ganjar bisa membuat status berisi dukungan dan informasi kegiatan yang mereka lakukan di Suara Relawan. Dalam kanal Event, itu sebagai ruang bagi organ relawan yang ingin mengumumkan kegiatan mereka secara luas, supaya banyak orang bisa ikut serta,” tuturnya.

Ada juga kanal Q&A berisi pertanyaan mendasar dan jawaban tentang Ganjar dan keluarganya. Di dalamnya diterangkan informasi mencakup semua hal yang ingin diketahui publik tentang Ganjar.

“Kan ada tuh pertanyaan, Pak Ganjar agamanya apa? Nah ini kelihatannya sepele, tapi kalau tidak dijawab, di wilayah tertentu bisa digoreng. Makanya dalam aplikasi ini ada kanal khusus untuk menjelaskan hal tersebut,” kata Azhari.

Dia menjelaskan, bahwa aplikasi ini kemungkinan akan terus dikembangkan dan ditambahi fitur-fitur baru. Sehingga nantinya, Ganjaran App bukan hanya aplikasi pemenangan, tapi sebuah ekosistem sosial yang kompleks.

“Aplikasi ini berfungsi selayaknya sebuah media. Pengguna punya kebebasan berkreasi dan menyampaikan gagasan untuk memperkuat pemenangan Pak Ganjar,” katanya.(**)