Serentak PAN Buka Pendaftaran ‘Cakada’, Adrison: Semua Bisa Mendaftar

oleh -137 views
DPW PAN Sumbar mencari calon kepala daerah untuk diusung pada Pilkada Sumbar 2020, foto:.dok/pan-sb)

Padang,—Ketua Panitia Pendaftaran Calon Kepala Daerah (Cakada) Partai Amanat Nasional (PAN) Sumbar, Adrison Adnan pastikan siapa saja tokoh atau masyarakat Sumbar boleh mendaftar sebagai Cakada dari PAN.

“Sehingga itu sejak Jumat kemarin hingga 20 November mendatang PAN membuka pendaftaran Calon Kepala Daerah (Cakada). Pembukaan serentak di seluruh DPD PAN yang daerahnya menggelar Pilkada 2020,”ujar Adrison Adnan, Sabtu 2/11 kepada media ini.

PAN membuka pintu partai selebar-lebaranya kepada semua orang yang memenuhi syarat untuk menjadi kepala daerah sesuai ketentuan.

Apalagi kata Adrison wacana ASN, TNI, Polri, dan Akademisi PTN ikut Pilkada tidak berhenti dari pekerjaanya saat mendaftar, pasti bakal banyak tokoh non Parpol mendaftar ke Parpol.

“Bagi PAN, calon mendaftar ke PAN harus berintegritas dan memiliki kemampuan untuk berjuang demi masyarakat. Berumur 30 tahu, setia kepada Pancasila dan UUD 1945,”ujar Adrison Adnan.

Bahkan saat ditanya apakah pembukaan sekedar memenuhi ketentuan main di PAN, tegas Adrison memastikan tidak ada calon disiapkan partai tanpa melewati proses ini.

“Tidak ada dan tidak bisa, Prinsip PAN itu tegas untuk kader iya, tapi jika popularitas dan elektabilitas calon non kader mumpuni, ya mohon maaf kader harus mengalah dan mendukung calon non kader yang diusung PAN,”ujar Adrison Adnan.

Sementara Ketua DPD PAN Pessel Yul ‘Paul’ Afnedi pastikan dirinya mendaftar sebagai Cabup di Panitia Rekruitmen Kepala Daerah DPD PAN Pessel.

“Saya sekalipun Ketua DPD PAN Pessel, mekanisme dan aturan main partai harus saya hormati, saya segera mendaftar ke panitia,”ujar Paul.

Sedangkan Dt Nandin, Jumat malam juga memastikan mendaftar ke panitia di DPD PAN Dharmasraya.

“Insya Allah minggu muko (depan) ambo (saya) mendaftar juga di DPD PAN Dharmasraya,”ujarnya.

Info beredar, hari ini kabarnya Ketua DPW PAN Sumbar Ali Mukhni mau mendaftar ke Pantia Kepala Daerah Partai Nasdem, tapi kepastian apakah Sabtu atau Minggu belum terkonfirmasi. (foto: dok/pan-sb)