Seri MTBM Calon DPD RI Zul Efi Astar, Masyarakat Keluhkan Minimnya Hasil Panen

oleh -588 views
Calon DPD RI Zul Efi Astar kembali ke masyarakat dalam rangka mendekatkan telinga ke bibir masyarakat, Minggu 16/9 (foto: tim-zea)

CALON DPD RI H Zul Efi Astar Dt Asa Batuah, Minggu 16/9 kembali roadshow ke masyarakat bawah, Zul pemilik tagline DAERAH KUAT – NEGARA HEBAT, mendatangi pemilih untuk Mendekatkan Telinga ke Bibir Masyarakat (MTBM)

Zul Efi datang rasa haru terasa ketika masyarakat jorong Parik Bukik Tandang Kec. Bukit Sundi Kabupaten Solok menjelang sore ini, Minggu menerima kedatangannya.

“Terlihat dan sangat terasa ketulusan penerimaan, menjadikan pertemuan dengan masyarakat penuh persaudaraan,”ujarnya kepada media ini.

Pasalnya penduduk Jorong Parik Nagari Bukik Tandang bermata pencaharian menanam padi dan kebun karet.
Paling tidak, setiap keluarga mempunyai sepetak sawah dan 1 (satu ) hektar kebun karet.

“Keluhan yang dirasakan masyarakat saat ini, kurangnya aliran air ke sawah. Menyebabkan panen kadangkala tidak maksimal hasilnya,”ujar mantan Wasekjend DPD RI ini.

Begitu juga dengan hasil getah dari pohon karet, dulu hasil “manakiak” bisa menghasilkan uang minimal Rp. 10.000.- per Kilo setelah dikeringkan.

“Kini, nilai jual sampai ke pembeli hanya Rp. 6.000.- per kilo nya,”ujar Zul menginfokan.

Penurunan pendapatan keluarga ini, kata Zul Efi Astar berakibat juga ke kesulitan mencukupi kebutuhan sehari hari serta biaya pendidikan anak anak.

Padahal Nagari Bukik Tandang luasnya sekitar 200 Hektar punya potensi pertenian, nagari itu sangat memerlukan perhatian dari instansi terkait dan pihak yang berkompeten lainnya.

“Kesungguhan masyarakat untuk ingin maju sangat kuat dalam memajukan nagarinya. Saya bangga,”ujarnya.(rilis: tim media zea)