Setelah Vakum 7 Tahun, Akhirnya Pengurus PKPS Pasaman Dikukuhkan Budi Syukur

oleh -167 views

Pasaman–Ketua Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS), Sengaja Budi Syukur Datuak Bandaro Jambak, SH semakin mengepakkan sayapnya  ke seluruh Sumbar.

Kali ini  giliran PKPS Kabupaten Pasaman dikukuhkan S Budi Syukur. Pelantikan DPD PKPS Paman digelar di Hotel Arumi Lubuk Sikaping, Minggu  (5/6/22).

PKPS Pasaman dipimpin oleh Ketua Drs Azwardi serta  Wakil Ketua Drs Yustramayani, Sekretaris Yulefrikal SPdp. SD, Wakil Sekretaris Roli Ardinal Putra SPd dan Bendahara Lendrifa SPd, kepengurusan juga dilengkapi seksi dan kordinator kecamatan se-Kabupaten Pasaman.

Pelantikan PKPS Pasaman juga dihadiri Anggota DPR RI dari Dapil Sumbar II asal PKS yang asli Pessel Hj Nevi Zuarina Irwan Prayitno, Bupati Pasaman diwakili Sekda Lasaman Mara Hondak, Bupati Pesisir Selatan diwakili Kadis Sosial Wendra. Dan tokoh masyarakat pessel yang merantau ke Pasaman hampir berasal semua sektor profesi, seperti birokrat, aparat hukum, swasta dan lain-lain, memenuhi gedung pertemuan hotel sekitar 250 orang.

Pembacaan SK Kepengurusan DPD PKPS Kabupaten Pasaman dilakukan Wakil Ketua I PKPS Sumbar Edi Suandi SE. Dilanjutkan pelantikan oleh Ketua DPW S. Budi Syukur yang ditandai  Penyerahan Pataka ke Ketua terpilih Drs Azwardi.

Ketua DPW PKPS Sumbar S Budi Syukur pada sambutan pelantikannya mengatakan  organisasi orang Pesisir Selatan hanya satu,

“Dulu bernama IKPS, namun sesuai tuntutan dan perkembangan organisasi berganti dan bernama hukum menjadi PKPS dan sudah diakui negara serta terdaftar di Kemenkumhan degan nomenklatur adalah Perkumpulan,” ujar S Budi Syukur.

Pada Munas PKPS  2019, disepakati perubahan nama dari IKPS menjadi PKPS dan sudah terdaftar di Kemenkumham RI

Orang Pessel di mana saja selalu kompak dan bermusyawarah, peduli pada kampung halaman dan berpandai-pandai di mana berada. Falsafah minang selalu dijaga di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, begitu juga di Pasaman ini,” uajr S Budi Syukur.

Budi mengajak perantau Pessel dengan kepengrusan PKPS yang dilantik hari ini melaksanakan konsolidasi organisasi, jalankan program yang disiapkan yaitu pandam kuburan.

Ketua DPD PKPS Pasaman Azwardi mengaku selama ini PKPS Pasaman vakum secara organisasi lebih kurang 7 tahun.

“Namun warga PKPS tetap berkomunikasi, berkumpul dan melaksanakan kegiatan sosial , hari ini PKPS Pasaman kembali hadir, Insya Allah kami warga Pasaman dari Pessel akan lebih aktif, solid, apalagi setelah dilantik langsung oleh Ketua PKPS Sumbar S Budi Syukur. Kami mengucapkan terima kasih pada Ketua DPW yang datang ke Pasaman bertemu kami dan melaksanakan konsolidasi organisasi,”ujar Azwardi

Hj Nevi Buka Kartu

Anggota Komisi VI DPR RI Hj Nevi Zuairina pada pelantikan PKPS Pasaman buka kartu. Istri  Gubernur Sumba dua periode Irwan Prayitno mengaku  bangga dengan solidaritas orang Pessel.

“Saya orang Pesisir Selatan, Allhamdulillah dalam menjalankan kerja legislatif di Dapil, banyak perantau Pessel bantu, terima kasih sekali,” ujar Hj Nevi.

Pada badoncek perantau Pessel di Pasaman semangat bahu membahu luar biasa. Untuk lahan pandam kuburan ibuk Nevi membantu Rp 5 juta dari 30 juta yang diperlukan, Alhamdulilah dengan badoncek bersama sama,terkumpul uang untuk melunasi pandam kuburan warga Pessel di Pasaman,” ujar Azwardi.

Sekda Pasaman di pelantikan PKPS mengakui warga Pasaman asal Pesisir Selatan di Pasaman, telah berkontribusi bagi pembangunan di Pasaman.

Kadis Sosial Pessel juga mengajak para perantau mempunyai peran penting untuk pembangunan di Pessel. Baik sosial. politik dan pembangunan.

Akhirnya acara ditutup dengan makan siang bersama, makanan dibawa oleh warga Pessel yang datang lalu dikumpulkan dan dimakan bersama sama. (ms)