Shadiq Serahkan SK Panitia Kongres IKA Unand Ke Nanuk

oleh -487 views
Penyerahan SK Panitia Kongres IKA Unand 2021 ,Rabu (5/5/21).(doc/own)

Padang — Rapat perdana kepanitiaan Organizing Committe (OC) dan Steering Committe (SC) yang diadakan Kongres Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Andalas (Unand) menetapkan pelaksanaan Kongres pada 7 Agustus 2021. Sedangkan pelantikan Ketua Umum Terpilih dan kepengurusan periode 2021-2026 dilaksanakan bertepatan dengan Lustrum Ke-13 pada September 2021.

Ketua Umum OC Kongres IKA Unand, Ir. Insannul Kamil, M.SC, PH.D, saat memimpin rapat perdana kepanitiaan Kongres bersama Ketua SC Yul Akyari Sastra, SH, di sebuah rumah makan di padang, Rabu (5/5/2021) menegaskan bahwa ada tiga agenda utama pelaksanaan Kongres yang direncanakan berlangsung, 7 Agustus 2021 tersebut.
“Pertama, Penetapan arah Kebijakan Organisasi IKA Unand lima tahun ke depan, kemudian Penyusunan Program Kerja DPP IKA Unand. Setelah keduanya ditetapkan, barulah dicari atau dipilih Ketua Umum yang tepat untuk menjalankannya,” ungkap Insannul Kamil yang biasa dipanggil Nanuk juga Wakil Rektor III Unand.

Sementara itu Anggota Penangungjawab Kongres IKA Unand 2011, Ir. Shadiq Pasadigue, usai penyerahan Surat Keputusan (SK) Kepanitiaan Kongres yang diterima oleh Ketua OC Insannul Kamil didampingi Ketua SC Yul Akhyari Sastra, menjelaskan bahwa sesuai pesan dari ketua umum IKA Unand, Asman Abnur, diharapkan kongres bisa dilaksanakan secara langsung, tidak secara virtual. Alasannya, pelaksanaan kongres bisa sekaligus dijadikan media untuk memperkuat tali silaturahmi antar sesama alumni.

“Mengingat masa pandemi yang tidak memungkinkan kongres digelar tatap muka, malanya kongres harus diundur satu tahun. Nah, semoga pelaksanaan kongrea pada Agustus mendatang, dapat terlaksana dengan baik dan menghasilkan kepengurusan yang diharapkan,” ucap Shadiq, mantan Bupati Tanah Datar dua periode ini.

Pada kesempatan itu, Shadiq berharap OC dan SC dapat menjalankan tugasnya secara konsisten dalam menyiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan kesuksesan pelaksanaan kongres, sekaligus melakukan seleksi siapa siapa saja yang tampil sebagai calon Ketua Umum.

Sekretaris Eksekutif DPP IKA Unand, Mukhsin, SE menguraikan gambaran tugas OC yakni tugasnya menyiapkan bahan bahan kebutuhan Kongres, mulai dari tempat, alat alat tulis hingga peralatannya. Termasuk membuat Risalah Kongres.
“Sedangkan SC bertugas menyiapkan draft AD/ART, menyiapkan draft pokok pokok pikiran program kerja, sekaligus menjadi narasumber dalam rapat rapat komisi,” ungkap Mukhsin. (ms)