Siapkan Dokumen, Pencairan Dana BUMNag antara Sept-Okt

oleh -950 views
Bintek BUMNag di Sumbar belangsung meriah di Hotel Pusako Bukittinggi, berlangsunh dari Senin sampai Rabu 18/7. (foto: wanteha)

Bukittinggi,—Rapat Bimtek Tenis Pengelolaan Dan Pengembangan Desa/Direktorat Jendral Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Direktorat Pengembangan Usaha Ekonomi Desa, Selasa 17/7 dibuka Staf Khusus Mendes PDTT, Febby Dt Bangso di Hotel Pusako Bukittinggi.

Pada sesi lertama Bimtek tadi hadir tiga narasumber dari penggiat BUMDes, yaitu Najib, Rudi, Ines,

Menurut Febrian Alyuswar, Kasubdit Pengembangan Usaha BUMDes, pencairan dana  dilakukan antara bulan September atau Oktober, dia meminta para pengeloa BUMNag/BUMDes Bumnag mempersiapkan dokumen masing-masing.

Sedangkan M.Najib, (pimpinan redaksi Berdesa.com) pada kesempatan mengatakan, ingin menciptakan sejuta pengusaha desa, untuk pengentasan kemiskinan, untuk itu BUMNag dan BUMDes punya peranan penting untuk mewujudkan semua itu.

“BUMNag dan BUMDes jangan mengejar profit semata, tapi berusaha untuk menciptakan dan membuka usaha guna membantu kesulitan bagi warga desa,” ujar Najib

Menurutnya, persaingan pasar di luar yang bisa menghambat untuk peluang berusaha di nagari dan desa, caranya dengan melakukan survei pasar dengan mencari peluang usaha di sekitar desa.

“Jangan terpengaruh dengan pasar di luar yang paling utama itu adalah pasar di nagari dulu,”ujarnya.

Tentunya vieur usaha harus jelas, yakni dengan mencari apa kebutuhan dan yang diperlukan oleh masyarakat desa.

“Untuk itu kita harus bertekad untuk menjadi pengelola BUMDes sukses,”ujarnya. (wanteha)