Prodi Teknik Industri Agro Politeknik ATI Padang Gandeng GM Astra Daihatsu Motor Body Division

oleh -218 views
oleh
218 views

Padang–Politeknik ATI Padang lewat Prodi Teknik Industri Agro sukses menyelenggarakan Kegiatan Sharing-Session “Kiat Sukses Sarjana Baru Masuki Dunia Kerja”. Kegiatan yang dipandu oleh Fikri Arsil, MP, IPP tersebut dilaksanakan secara offline pada 22 Juli 2022 di Smart Room Politeknik ATI Padang dengan menghadirkan Narasumber Fauzan Diaz, ST (GM Astra Daihatsu Motor Body Division.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh unsur pimpinan Prodi melalui Ketua Prodi Teknik Industri Agro Zulhamidi, MT, IPM, ASEAN (ENG). Dalam Sambutannya Zulhamidi mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat tepat, dan dibutuhkan oleh Sarjana Baru dalam rangka kiat sukses masuki Dunia Kerja.

“Dalam rangka supporting terhadap persiapan teknis dan non teknis Sarjana Baru Masuki Dunia Kerja, Prodi Teknik Industri Agro mencoba menjadi inisiator dan fasilitator dalam hal ini, ujar Zulhamidi”. “Pembekalan Strategi Bersaing Sarjana Baru sangat diperlukan mengingatkan tingginya tuntutan recruitment di Dunia Kerja, “ujar Zulhamidi Kepada Tribun Sumbar (22/7/2022)”.

Saat ini terdapat beberapa indikator penting pencari kerja khususnya Sarjana Baru di Era Industri 4.0. Penguasaan Kompetensi, Skill Manajemen, Penggunaan Teknologi dan Leadership. “Grow up mind set serta lebih terbukanya terhadap perkembangan kebutuhan dunia kerja menjadi prasyarat teknis dan non teknis Sarjana Baru Masuki Dunia saat ini” ujar Coach Fauzan Diaz. Dalam kesempatan Sharing-Session tersebut Coach Fauzan Diaz mengatakan bahwa perlu Penguatan Aspek 3 K.

“Know yourself, Know your market/industri and Know your procedure” ujar Fauzan Diaz. “Kemampuan memahami potensi diri dan bakat tentu akan membuat seseorang menjadi lebih fleksibel dan dinamis, kemampuan mengetahui kebutuhan pasar/industri membuat seseorang bisa menyiapakan kompetensi yang dibutuhkan dan kemampuan memahami suatu prosedur membuat seseorang akan bekerja secara sistematis” tukas Fauzan

Saat ini tantangan bagi kelompok pencari kerja khususnya Sarjana Baru adalah kurang kemampuan dalam memberikan penjelasan berkaitan deskripsi diri. Kegiatan Sharing-Session “Kiat Sukses Sarjana Baru Masuki Dunia Kerja” memberikan Tips kepada peserta berkenaan dengan Persiapan Wawancara, Self Awareness, Passion, Mengemas Curriculum Vitae (CV) yang efektif, Communication Skill dan keterbukaan akses informasi. Ketua Prodi Teknik Industri Agro Zulhamidi, MT, IPM, ASEAN (ENG) di akhir sesi mengatakan, “Tujuan dari Sharing-Session ini adalah memberikan kiat sukes persiapan teknis dan non teknis Sarjana Baru Masuki Dunia Kerja agar tangguh, kompeten dan berdaya saing” ujar Zulhamidi. (fikri_arsil)