SIASATI OTG (Orang Tanpa Gejala) Pointer Elfindri

oleh -218 views
Prof Elfindri (foto: dok/google)

Oleh: Prof Elfindri

ORANG dalam pengawasan jelas mereka yang masuk Sumbar dari daerah pandemi.

Di Sumatra Barat diantisipasi dengan disinfectant, pemeriksaan di check point, kemudian kembali ke tujuan dengan isolasi mandiri tanpa kontrol.

Ketika wabah seperti ini melanda setiap sudut dunia, mestinya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, maka siapa saja individual yang pernah bersinggungan dengan penderita yang jumlahnya sudah sangat banyak sekali.

Mereka seperti itu pada umumnya karena terpaksa kerja cari nafkah, seperti sopir dan penjual di pasar, atau seseorang yg pernah terkena hirupan dari udara atau bersentuhan dengan penderita yang bersin dan menguap tanpa proteksi.

Oleh karenanya himbauan pakai masker ke luar rumah perlu disosialisasikan lagi.

Perlu pembuatan masker gratis, bilamana nampak di luar tidak pakai masker saat ini sulit mendapatkannya. Jika masker sendiri juga tidak tersedia kalau ada pun mahal bagi orang tertentu.

Tolong pada masa ini fokus kita juga pada produksi masker sendiri seperti yang digerakkan di Agam oleh bupati Indra Cati.

Kemudian bagikan kepada masyarakat. Turunkan para volunteer kumpulkan dana masker dana makanan dan bagikan gratis. Semoga. (analisa)