Solar Normal Lagi di Sumbar, Sopir Truk Ucapkan Terima Kasih ke Guspardi Gaus

oleh -91 views
kritikan keras Guspardi akhirnya Solar kembali normal di Sumbar. (dok)

Jakarta,— Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus, merasa bersyukur pasokan BBM jenis Solar sudah mulai kembali agak lancar atau normal kembali di Sumatera Barat.

Menurutnya, kelangkaan solar dan antri panjang truk di SPBU sempat terjadi di Sumbar membuat banyak awak truk angkutan barang dan material menjerit. Belum lagi masa pandemi membuat ekonomi merosot

“Diperparah langkanya Solar di Sumatera Barat sudah hampir tiga bulan. Keadaan ini tentu sangat memprihatinkan dan harus segera diatasi,” ujar Guspardi di Desember lalu.

Tahu begitu, legislator asal Sumatera Barat ini turun langsung mengecek kondisi SPBU di beberapa kabupaten kota dan para sopir tersebut berteriak dan memekik akibat kelangkaan solar tersebut.

Berdasarkan data dan fakta itulah pak GG  biasa Guspardi Gaus disapa berbagai kalangan di Sumbsr dan nasional mengkritik keras mengenai kebijakan Pertamina Patra Niaga yang membatasi kuota BBM Solar di wilayah Provinsi Sumatera Barat yang mengakibatkan mengularnya truk truk di hampir semua SPBU di sumbar.

“Seharusnya tidak ada alasan bagi Pertamina tidak memasok Solar sesuai kebutuhan pasar, karena merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang ekonomi menengah ke bawah,”ujar Guspardi Gaus waktu itu.

Dan Apabila Pertamina menyebut Solar lancar di SPBU di Sumatera Barat, ketika itu legislator yang vokal suaranya di Senayan ini menyatakan bahwa itu adalah merupakan pembohongan publik.

“Bila situasi kelangkaan solar terus terjadi di Sumatera Barat maka akan menimbulkan dampak negetif yang banyak, seperti pemilik bus dan truk akan menyesuaikan (menaikkan.red) ongkos penumpang dan angkutan barang yang pada gilirannya akan berdampak terjadi kenaikan harga barang.

“Kasihan kita itu masyarakat menengah kebawah,” ungkap Politisi PAN itu.

“Oleh karena itu, tentu kita menyampaikan apresiasi dan penghargaan serta ucapan terimakasih atas atensi yang tinggi dari Pertamina yang telah mengatasi kelangkaan solar yang sempat terjadi di Sumatera Barat beberapa waktu lalu.Dengan kembali lancarnya paskokan solar di Sumatera Barat, akan membantu berbagai sektor usaha untuk menggeliat dan lebih prireif lagi di tengah situasi perekonomian masyarakat yang tergerus akibat pandemi Covid-19,”ujar Guspardi melanjutkan.

Menanggapi normal lagi Solar di Sumbar, masyarakat sangat berterima kasih kepada Guspardi Gaus yang telah menyahuti dan menyampaikan aspirasi masyarakat kelas bawah dengan mengkritik Pertamina sehingga Solar mulai kembali normal.

“Mudah mudahan kedepan kelangkaan ini tidak akan terjadi lagi” harap seorang sopir bus antar kota dan antar propinsi mewakili teman temannya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Guspardi Gaus, ini baru wakil rakyat di tingkat pusat yang tidak ingin rakyatnya tambah menderita ditengah pandemi Covid-19,”ujar salah seorang Sopir truk di Pasaman, Sumbar, Minggu 23/1-2022.(faj)