Sonny Affandi Pimpin Darma Wisata Kelompok Basurah Adat Kampung Lapai ke Rumah Buya Hamka

oleh -691 views
oleh
691 views

AGAM — Kelompok Basurah Adat Kelurahan Kampung Lapai, melakukan kunjungan ke Museum dan Rumah Kelahiran Buya Hamka di Bayur, Kabupaten Agam. Kegiatan yang dirangkai dengan Darma Wisata ini, dipimpin langsung Pembina Kelompok, Sonny Affandi, ST.

Sekitar 30 anggota Kelompok Basurah Adat Kampung Lapai ini, sebelumnya mengunjungi Penangkaran Penyu di Kota Pariaman.

“Darma Wisata ini merupakan kegiatan rutin kita di Kelompok Basurah Adat Kampung Lapai setiap tahunnya. Tahun lalu, kita berkunjung ke Istano Basa Pagaruyung,” ujar Erwin Ilfahmi, Sekretaris Kelompok Basurah Adat Kampung Lapai, di sela-sela kunjungan di rumah Buya Hamka.

Selain berkunjung ke lokasi-lokasi bersejarah, lanjut Erwin, kegiatan ini sekaligus refreshing bagi anggota Basurah yang sehari-hari disibukkan dengan rutinitas. Sementara latihan Basurah Adat rutin seminggu sekali setiap petang Kamis malam Jumat.

“Ini bukan perjalanan politik. Kegiatan ini murni untuk menambah pengetahuan anggota Basurah Adat sekaligus menguatkan tali silaturahmi antar sesama anggota. Karena itu semua anggota kita ajak ikut meski berbeda haluan politiknya,” tergas Erwin yang diamini Zulkarnain, asisten guru Basurah Adat Kampung Lapai.

Sementara itu Pembina Kelompok Basurah Adat Kampung Lapai, Sonny Affandi membenarkan, Darma Wisata ini merupakan keinginan dari anggota kelompok. Karena pada Maret, sudah memasuki bulan suci Ramadan, sedangkan Februari mendekati pesta demokrasi Pileg dan pilpres.

“Karena itu, anggota kelompok sepakat berangkat di pertengahan Januari ini, sesuai kesepakatan dalam rapat. Sama dengan tahun sebelumnya, kegiatan darma.wisata ini juga menelang bulan puasa,” ungkap Sonny.
Meski dirinya maju sebagai Calon Anggota DPRD Kota Padang dari Partai Demokrat, Sonny meminta agar kegiatan ini tidak dikait-kaitkan dengan pencalonannya. Buktinya, di Kelompo Basurah Adat Kampung Lapai ada juga caleg dari partai lain yang juga diajak ikut darma Wisata.

“Darma Wisata ini kegiatan rutin kita sejak tiap tahun sejak berdirinya kelompok ini. Dan semua anggota kita ajak tanpa ada perbedaan,” pungkas Sonny. (ms)