Sosialisasi Kurikulum Sekolah Vokasi UNP, Rektor Mendorong Lulusan ke Dunia Usaha

oleh -58 views
oleh
58 views

Padang–Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar acara Sosialisasi Kurikulum Sekolah Vokasi (Diploma 3 (D3) dan D4) Tahun 2024 di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat UNP, Selasa (6/2/2024).

Acara yang dibuka langsung oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D itu mendatangkan Tim Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi Dikti Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Dr. Drs. Ludfi Djajanto, MBA.

Tak hanya itu pada acara yang digelar dalam rangka untuk meningkatkan mutu lulusan Vokasi UNP ini juga mendatangkan Tim Pakar Pengembangan Kelembagaan Vokasi yang juga merupakan Dosen Politeknik Negeri Padang Dr. Ir. Suhendrik Hanwar, M.T.

Rektor UNP dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk membenahi kurikulum Sekolah Vokasi di UNP yang terdiri dari enam Prodi D4 dan 17 Prodi D3.

“Kegiatan hari ini tidak hanya untuk menyamakan pandangan serta persepsi kita Bapak-Ibuk tapi juga bagaimana kita menghasilkan lulusan yang memiliki kedekatan dengan dunia usaha dan kerja,” ungkap Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia itu.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk menghasilkan lulusan Vokasi yang kompeten maka Sekolah Vokasi harus meningkatkan pengalaman praktek di lapangan bagi mahasiswa dibandingkan dengan teori.

Dalam penyampaian materinya, Dr. Ludfi memaparkan mengenai kebijakan kurikulum Pendidikan Vokasi dan Dr. Suhendrik memaparkan mengenai penyusunan kurikulum program studi Pendidikan Vokasi dan implementasi dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Turut Tampak hadir dalam acara itu Direktur Akademik, Direktur Sekolah Vokasi, Direktur Kemahasiswaan, Dekan dan Wakil Dekan, Kepala Subdirektorat Pengembangan Kurikulum dan MKU, Koordinator Prodi D3 dan D4 serta sejumlah dosen. (**)