Sosok… H Raflis, SH Sang Birokrat Sejati Ranah Minang

oleh -360 views
oleh
360 views

H RAFLIS SH MM lahir 1964, merupakan anak H Ipis dari pasangan Alm Hj Nurilas. Mengenyam pendidikan dasar dan menengah, lelaki kelahiran Lubuk Sarik, Kambang, 30 September 1964 di Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Raflis adalah birokrat karir yang mumpuni, berawal jadi PNS, pada Kantor Camat Koto XI Tarusan Kabupaten Pessel, terhitung 1 Februari 1986, dan dalam perjalanan karir di kecamatan itu sebagai Seksi Pemerintahan pada tahun 1995.

Sang birokrat sejati ini pada tahun 1995 itu berkesempatan pindah tugas ke Pemprov Sumbar, dan ditempatkan di Setwan Provinsi, dengan memulai karier sebagai staf, berkat cekatan dan disiplin kerja yan baik dipercaya sebagai Kasubag Rumah Tangga dan Perlengkapan pada tahun 2001 sampai dengan 2006. Pada periode 2006-2015 menjabat Kepala Bagian Umum.

Dari Kabag Umum Sekretariat DPRD Sumbar itulah, Raflis anak nagari Rang Kambang itu mulai dikenal luas oleh para tokoh birokrat senior hingga politisi. Sehingga di hari nan elok katiko nan rancak terhitung tanggal 26 April 2015 ditunjuk sebagai Sekretaris Dewan di DPRD Sumbar dan dilantik untuk ketiga kalinya dengan jabatan yang sama pada Senin, 31 Januari 2022.

Di samping itu, jabatan Sekwan DPRD tidak mudah memperolehnya karena  selain pengusulannya disetujui oleh Ketua dan Wakil Ketua DPRD, juga melalui, lelang seleksi terbuka, yang diikuti sebanyak 12 calon, dan merupakan seleksi pertama untuk mengisi pejabat tinggi pratama di Pemprov Sumbar.

Kesuksesannya berkarir sebagai birokrat berprestasi tak terlepas dari pendamping hidupnya yang setia, Hj Kurniati SE, dengan dikarunia sepasang anak, Ari Yulianda Putra, S.Sos dan dr. Yola Newary.

Saat ini, Putra Lengayang-Pessel ini berpangkat IV D/Pembina Utama Madya, dengan jasa pengabdiannya sebagai ASN dari Presiden RI terakhir Tanda Jasa 30 /emas.

Raflis yang memimpin Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), Sekwan DPRD Sumbar oleh Komisi Informasi Publik Provinsi Sumbar diberikan Penghargaan sebagai penerima Anugerah sebagai badan publik Informatif dalam kategori OPD Tahun 2022.

Selama menjabat Sekwan di DPRD Sumbar lebih kurang selama 8 tahun ini, Raflis juga telah melakukan kunjungan ke luar negeri guna meningkatkan pengalaman di bidang pemerintahan, pada tahun 2018 lalu, lawatan luar negerinya ke Belanda, Begia dan Prancis. Dan pada tahun 2019 lalu ke , Italia, Swiss dan Korea Selatan.

“Prinsip kerja sebagai birokrat, bekerja man jadda wajada (sungguh-sungguh),” ujar Raflis berbagi tips.

Perjalanan karis ASN seorang Raflis teramat panjang, kepercayaan pimpinan didapat bukan karena kedekatan tapi sosok Raflis itu sarat gagasan dan inovasi.

Ketika pindah dari ,XI Tarusan di empatkan sebagai pegawai biasa dan suruh belajar komputer, kemudian dipindahkan sebagai staf komisi, dia bekerja keras tanpa berharap imbalan apa-apa.

Janji Allah tidak akan pernah batal, Allah akan mengangkat hambanya yang sungguh-sungguh bekerja berharap Ridho Nya .(ag)