SPH Dikunjungi Wakil Ketua Komisi IX DPR RI

oleh -191 views
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh kunjungi SPH Jumat 29/2 (foto: dok)

Padang,—Semen Padang Hospital (SPH) didatangi Komisi IX DPR RI, Wakil Ketua Komisi membidangi kesehatan ini dari PKB Nihayatul Wafiroh meninjau secara langsung persoalan putusnya kerja sama dengan BPJS Kesehatan dengan SPH dan rumah sakit swasta di daerah.

Seperti diketahui SPH terhitung bulan Mei 2019 tidak lagi menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Alasannya menurut Direktur Semen Padang Hospital, Kol CKM (Purn) dr Farhaan Abdullah karena ada beberapa komitmen tidak sesuai.

“Kepada Komisi IX DPR RI kita menjelaskan persoalan outusny kerjasama denhan BPJS Kesehatan”ujar Farhan, Jumat 28/2

Wakil Rakyat Indonesia pada kunjungan ke SPH ingin melihat secara jernih. “Soal akar masalah apa sebetulnya sebab BPJS Kesehatan tidak lagi bekerja sama dengan kami,”ujarnya.

Farhan mengatakan SPH sudah memperbaiki komitmen-komitmen yang tidak sesuai dengan BPJS Kesehatan. Seperti memperbaiki manajemen yang lama dengan yang baru. Kemudian, membentuk Tim Fraud atau Tim Anti Pelanggaran.

“Manajemen yang baru juga melakukan sosialisasi kembali pada karyawan SPH tentang pengertian JKN dan BPJS Kesehatan. Serta, menyosialisasikan tidak adanya tindakan diskriminasi terhadap peserta BPJS Kesehatan.
Kami juga membentuk Poli Eksekutif supaya bisa melayani peserta BPJS Kesehatan dengan pelayanan yang lebih prima dan ekslusif,” jelasnya.

dr Farhaan juga berharap dengan kedatangan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Fraksi PKB dapat membantu mempercepat kerja sama SPH dengan BPJS Kesehatan.

Menurut Direktur Semen Padang Hospital ini semenjak berakhirnya kerja sama BPJS Kesehatan dengan SPH banyak masyarakat yang mengeluhkan hal tersebut.

Karena di SPH menyediakan peralatan medis yang lengkap serta pelayanan dan tempat yang strategis.

“Masyarakat Lubuk Kilangan, Kecamatan Pauh sudah pernah meminta pada manajemen BPJS Kesehatan agar segera berkerja sama lagi dengan SPH. Jadi, kami berharap setelah berjalan 9 bulan ini agar segera dipercepat saja jangan sampai menunggu 1 tahun,” harapnya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Fraksi PKB, Nihayatul Wafiroh berjanji akan mendatangi Dewan Pengawas dan membantu ke manajemen BPJS Kesehatan pusat.

“Semua yang kami gali di SPH ini akan menjadi PR bagi kami untuk meminta terkait outusnya kerjasama BPJS Kesehatan dengan SPH ini,”ujar Nihayatul Wafiroh.

Wakil dari BPJS Kesehatan Cabang Padang mendampingi kunjungan Komisi IX ke DPR RI juga mengapresiasi perubahan-perubahan yang dilakukan oleh SPH. (*rilis: sph/haluan.com)