Startup Meruyak, Anak Muda Padang Harus Maksimal Memanfaatkannya

oleh -136 views
Refky Yudrika, fokus menfrong pemanfaatan dunia digital di Kota Padang secara maksimal. (foto: il)

Padang,—Banyaknya startup yang bermunculan saat ini, kemudahan akses informasi & data, serta teknologi yang berkembang begitu cepat merupakan sebuah tantangan besar khususnya bagi anak.muda.kreatif di daerah.

Kehadiran berbagai disruptive inovation di berbagai bidang seperti transportasi dengan kehadiran Gojek, Grab, di bidang retail seperti tokopedia, bukalapak, Lazada, hingga sektor keuangan dan pendidikan semuanya beri kemudahan untuk banyak orang.

Selain membuka diri akan penggunaan internet dan ajakan untuk menggunakan Sosmed dengan bijak, Ada hal krusialĀ  jadi perhatian pemerintah Padang. Tapi pertanyaanya sejauh mana masyarakat Padang dapat memanfaatkan kemunculan era digital ini dengan baik?

“Kita tahu bahwa sejalan dengan perkembangan teknologi, industri juga baru saja menyambut generasi 4.0. Di mana saat ini, industrialisasi akan semakin maju dengan ditandai oleh penggunaan teknologi dan mesin canggih yang akan menggeser perananan kita sebagai manusia,”ujar Alumni SMA Negeri 2 Padang, Refky Yudrika, Senin 8/4.

Menyambut era digital, tidak ada alasan orang, khususnya anak muda Padang menolak. Anak muda kreatif harus terus bergerak dan mengikuti perkembangan zaman.

Stereotipe orang Padang, biasanya lekat dengan profesi pedagang juga bukan merupakan hambatan.

“Sekarang ayo manfaatkan dengan membuat platform-platform jual beli misalnya. Banyak sekali yang bisa kita buat dengan memanfaatkan era digital ini,”ujarnya.

Ada keoptimisan untuk mendorong masyarakat Padang memanfaatkan dunia digital dengan baik. Tapi harus lebih giat berfikir kreatif dan inovatif agar dapat bersaing dengan masyarakat di kota besar lainnya.

Lewat pemanfaatan teknologi internet ini tentunya kota Padang akan lebih maju berkat kualitas SDM-nya. Peningkatan kualitas sumber daya manusia memang kata Refky belum menjadi fokus pemerintahan periode ini. Tentunya pemerintah dapat fokus dalam pembangunan sumber daya manusia. Hal ini merupakan investasi dan asset daerah.

“Sudah waktunya masyarakat Padang yang terkenal sering merantau ini pulang dan membangun Padang dengan memanfaatkan era keterbukaan informasi dan digital. Kalau kita masyarakat Padang bersama-sama ingin memajukan kota kita tercinta, maka inilah waktunya berfikir kreatif dan inovatif untuk Padang,”ujar alumni SMA 2 Padang tamatan 2011.(rilis)