Strategi BNI Rengat Menghadapi Kompetisi Perbankan Era Digital

oleh -372 views
Tim BNI cabang Rengat. (dok)

Oleh : Hana Afifah Permata

Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Andalas

KEMAJUAN teknologi dan informasi telah merubah pola hidup kita termasuk di dunia perbankan. Bank dituntut untuk dapat berinovasi dan membuat terobosan baru untuk menyediakan layanan terbaik kepada nasabah dengan memanfaatkan teknologi dan informasi.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia BNI selalu berupaya melakukan perbaikan dan peningkatan baik dari segi pelayanan hingga sarana dan prasarana yang mendukung dalam pencapaian bisnis.

Hal ini dilakukan untuk dapat menjaga eksistensi BNI dan juga kepercayaan nasabah di tengah banyak nya kompetitor yang bermunculan terutama bank digital atau yang lebih dikenal dengan Financial Technology (Fintech).

Kepala. Cabang.BNI Rengat, Masdepasa. (dok)

 

Berbicara soal kompetisi Perbankan di Indonesia, BNI sudah mempersiapkan diri untuk mendukung era digitalisasi baik dari segi layanan maupun bisnis. Kemajuan teknologi juga harus bisa diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia yang kompeten.

Seperti yang dijelaskan oleh Masdepesa, Pemimpin Cabang BNI Rengat bahwa BNI harus mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan di era digitalisasi perbankan yang tentunya akan berdampak pada peningkatan bisnis.

Dengan memperkuat Digital Ecosystem dan mempersiapkan Digital Platform yang telah terintegrasi melalui pengembangan IT serta pengembangan SDM terutama dalam membangun digital mindset”.

”BNI juga telah mempersiapkan Agen Digital (BNI Digital Assistance) yang bertujuan untuk merubah mindset dan kebiasaan nasabah yang tebiasa bertransaksi secara manual ke transaksi digital sebagai upaya memberikan experience kepada nasabah terkait kemudahan bertransaksi dengan layanan digital BNI, “ujar Masdepasa saat sesi wawancara yang dilakukan Jumat 23/9-2022.

Butuh effort yang cukup besar untuk dapat merubah mindset nasabah ke arah digital, ditambah lagi dengan faktor daerah yang jauh dari perkotaan, latar belakang sosial, pendidikan dan lain sebagainya.

Sehingga perlu dilakukan pendekatan dan sosialisasi kepada nasabah untuk dapat peka terhadap kemajuan teknologi khususnya di dalam dunia perbankan, sehubungan dengan hal tersebut BNI juga telah menghadirkan berbagai layanan digital untuk mempermudah transaksi dan dapat di akses dimanapun dan kapanpun.

Pada pertengahan tahun 2022 BNI berhasil mendapatkan penghargaan layanan E-Banking terbaik 1st Overall E-Banking dan 1st Phone Banking di industri perBankan nasional. Bank BUMN berkode saham BBNI ini pun kembali menempatkan diri sebagai Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) IV yang mampu memberikan layanan prima service excellence kepada nasabah.

Penghargaan ini diserahkan sebagai bentuk apresiasi karena BNI dinilai paling berhasil dalam melakukan shifting dari layanan konvensional ke layanan digital. BNI sebagai Bank BUMN, berhasil melakukan lompatan jauh ke depan dalam pengembangan jaringan Electronic Banking (e-Banking). Adapun layanan digital BNI yaitu Mobile Banking, SMS Banking, Automatic Teller Machine (ATM), Mesin Setor Tunai (CRM), BNI Direct, Agen46, DigiCS BNI (Mesin Pembuka Rekening Digital), dan masih banyak lagi layanan digital BNI yang dapat mempermudah transaksi nasabah.

BNI Mobile Banking merupakan salah satu layanan digital terbaik yang dimiliki BNI, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi dalam satu aplikasi. Mulai dari transfer sesama BNI maupun antar bank, Cek Saldo, Remittance, Fitur Pembayaran dan Pembelian, Pembukaan Rekening dan fitur-fitur inovatif lainnya. Berdasarkan data per bulan Mei 2022 pengguna aplikasi BNI Mobile Banking secara Nasional telah meningkat sebesar 33% dari tahun sebelumnya.

BNI Cabang Rengat juga berupaya untuk terus meningkatkan pengguna mobile banking dengan mewajibkan seluruh nasabahnya memiliki dan menggunakan aplikasi tersebut untuk bertransaksi.

 

”Salah satu strategi yang kami lakukan untuk menumbuhkan Digital Mindset kepada nasabah maupun non nasabah dengan cara mensosialisasikan layanan digital BNI, khususnya Mobile Banking,”papar Masdepasa.

BNI Mobile Banking adalah salah satu layanan digital yang memiliki fitur lengkap dan sesuai dengan kebutuhan nasabah, satu aplikasi dengan berjuta kemudahan.

“Kami melakukan sosialisasi dengan cara memasarkan produk tersebut melalui sosial media dan juga membuat program Racing BNI Mobile Banking dengan reward hadiah sampai dengan Rp.50.000.000 (Lima puluh juta rupiah) bagi nasabah yang aktif bertransaksi khususnya transaksi berbayar pada aplikasi mobile banking,”ujar Masdepesa

Pimpinam cabang itu juga menyebutkan program racing BNI Mobile Banking ini berlangsung sampai dengan tanggal 31 Desember 2022, dengan kata lain masih ada kesempatan bagi para pengguna BNI Mobile Banking untuk dapat meningkatkan transaksi nya untuk dapat memenangkan program reward tersebut.

Masdepesa mengutarakan bahwa penguatan layanan digital sangat penting dalam membantu masyarakat untuk menekan biaya transaksi karena layanan digital dapat digunakan dari mana saja dan kapan saja, tanpa perlu mendatangi outlet bank.

Layanan ini juga turut mendukung upaya pemerintah dalam mendukung cashless society terutama di masa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini.

Di akhir perbincangan dengan metode wawancara pembicaraan Masdepesa menyimpulkan bahwa selain memaksimalkan layanan digital untuk dapat bersaing di era saat ini, kerjasama tim juga menjadi point penting dalam perusahaan.

Bukan hanya semata mata untuk mencapai target perusahaan saja, karena fungsi kerjasama tim juga bisa sebagai sarana untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif bagi setiap pegawai yang ada dalam perusahaan.

Oleh karena itu setiap pegawai yang berada dalam struktur organisasi harus memiliki semangat, kompetensi dan rasa loyalitas terhadap perusahaan.

“Sesuai dengan Visi BNI Menjadi Lembaga Keuangan yang terunggul dalam layanan dan kinerja secara berkelanjutan,” ujar Masdepasa (analisa)