Sukses Viralkan Budaya Minang, Konjen Frankfurt Jamu Skuad Sumbar Talenda

oleh -63 views
Konjen Frankfurt, Asep Somantri menerima simbol Minang dari founder Sumbar Talenta Indonesia, Sastri Bakry saat STI membawa misi buday ke Eropah. (dok)

Frankfurt, — Waooo itu satu kata mengapresiasi suksesnya misi bidaya Sumbar Talenta di Eropah. Atas kesuksesan itu, skuad Sumbar Talenta Indonesia ( STI) diapresiasi dan dijamu makan siang oleh Konsul Jenderal (Konjen) Frankfurt, Acep Somantri.

Jamuan makan itu digelar Konjen Frankfurt di rumah makan Asia di kota Frankfurt Jerman. STI sebelumnya setelah sebelumna tampil di berbagai tempat seperti di Ridswijk bersama Erick Thohir dan Andre Rosiade( 3 September 2022)  dan hebatnya lagi STI 3 kali tampil di Tong Tong Fair ( 5 dan 6 September 2022) di Denhaag Belanda, terakhir di Koln dalam acara Minang Sakato Jerman 10 September 2022.

“Ini sebagai apresiasi atas tampilan apik dan wao skuad Sumbar Talenta  di gedung pertunjukan rakyat Koln. Saya senang sekali. kalian semua luar biasa,” ujar Acep Somantri yang mengaku baru pertama kali melihat seni budya Minangkabau terutama tari piring di atas kaca dan itu disaksikan Konjrm di Koln.

Tidak hanya Acep Somantri dibuat terkesima atas aksi STI di Koln itu, pertunjukan seni budaya Minangkabau juga disaksikan Yul Edison, wakil Duta Besar RI di Berlin, Her Raplh Ester Walikota Koln dan tokoh-tokoh Minang rantau di Eropah jauh sana.

Rombongan Sumbar Talenta merasa berbahagia atas sanjungan yang diberikan Konjen Frankfurt dan stafnya tersebut.

“Rasanya panek-panek (lelah) selama persiapan keberangkatan ini langsung hilang” Ujar Ferdi Talenta yang sukses bertindak sebagai MC di ke lima acara tersebut.

Rombongan delegasi STI dipimpin Sastri Bakry merasa sangat berterima kasih atas dukungan para pejabat KBRI Denhaag dan Berlin serta KJRI Frankfurt sehingga pertunjukkan lancar dan bisa menghibur penonton.

“Misi kebudayaan Minangkabau kita, Alhamdulillah membuat orang terkesan apalagi tari piring melayang kita,” ujar Sastri.

STI bawa misis budaya dan promosikan rancak tanah minang Sumbar tidak rombongan besar tapi kata Sastri hanya rombongan kecil yang terdiri dari Sastri Bakry, Andha Talenta, Fedri Talenta, Agung Talenta, Ketty Talenta, Rafi Talenta dan Dinda Talenta menampilkan tari-tari Minang, musik tradisional talempong, dan nyanyian.

“Atas sukses misi budaya ini, saya atas nama STI mengucapakn terima.kasih kepada Anggota DPR RI asal Sumbar, bapak Andre Rosiade dan hormat serta bangga kami kepada Pak Menteri Erick Thohir ynag mensupport total misi ini,” uajr Satri. (adr/rls)