Sumbang Buku Pengabdian, Kolaborasi UNAND-ITB

oleh -206 views
oleh
206 views
25 mahasiswa KKN diserahkan ke Wali Nagari Tigo Balai Matur Agam, Senin 11/7-2023. (dok)

Oleh; Henny Herwina dan Suci Nabila Zalfa,

DPL dan Mahasiswa KKN UNAND

 

SENIN lalu Nagari Tigo Balai, Kecamatan Matur Kabupaten Agam sedikit berbeda dari hari-hari sebelumnya, apa sebab?

Karena 10 Juli 2023 ada  25 mahasiswa KKN dari berbagai Prodi dan Fakultas yang ada di Universitas Andalas (UNAND). Ke 25 mahasiswa KKN itu diserahkan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Henny Herwina dari FMPA UNAND kepada Wali Nagari, d Kantor Wali Nagari Tigo Balai. disaksikan Kepala Jorong, Staff Nagari, Perwakilan Masyarakat, bahkan Mahasiswa KKN dari UIN Bukittinggi.

Kegiatan tersebut semakin berkualitas dengan diserahkannya bantuan buku oleh DPL dari Pengabdian Masyarakat Kolaborasi DPL UNAND dan Dosen ITB serta UIN Bandung  dimotori Dr. Rhamadani Eka Putra dan dr. Ida Kinasih

Ketua Mahasiswa KKN Tigo Balai Muhammad Zikri menyampaikan terima kasih kepada Wali Nagari dan masyarakat yang berkenan menerima mahasiswa dengan hangat untuk melakukan pengabdian, belajar bersosialisasi dan bersilaturahmi di Kenagarian Tigo Balai.

Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Henny Herwina memulai sambutannya dengan memperkenalkan Mahasiswa dan Mahasiswi KKN PPM Universitas Andalas satu persatu dengan tidak lupa meminta dukungan dari semua elemen yang berada di Nagari Tigo Balai untuk kelencaran kegiatan KKN selama 40 hari kedepan.

Wali Nagari Tigo Balai Jumet Effendi sangat antusias menyambut kedatangan dari Mahasiswa KKN PPM Universitas Andalas dan berharap nantinya bisa membawa perubahan lebih baik lagi untuk Nagari Tigo Balai.

“Semoga Program-Program yang telah dirancang dapat dilaksanakan dengan baik dari ilmu ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan hingga saat ini serta membawa kebermanfaatan bagi nagari” ujar Pak Wali diukangi tim penulis.

Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan Lokakarya tentang program-program yang akan dilaksanakan mahasiswa selama KKN untuk 40 hari kedepan, dipresentasikan dan didiskusikan.

Pada program kerja yang sudah dirancang terdiri dari beberapa agenda. Agenda pertama merupakan kegiatan utama yang terdiri atas program pertanian, pendidikan dan penanggulangan stunting. Agenda kedua berupa Penerepan IPTEK yang akan dirancang terkait ETNOWISATA yang nantinya akan lebih memperkenalkan budaya Nagari Tigo Balai ke masyarakat umum. Kemudian Agenda ketiga berupa program Sosial Kemasyarakatan dimana dalam program ini mahasiswa KKN akan dibagi kepada keluarga asuh yang nantinya dapat membantu keluarga tertentu secara langsung tiap akhir pekan. Agenda terakhir berupa pengabdian masyarakat yang nantinya akan dipimpin langsung oleh dosen pembimbing lapangan salahsatunya menggalaan Literasi bagi masyarakat umum, siswa sekolah dan prasekolah.

Wali Nagari Jumet Effendi meminta mahasiswa dapat mengembangkan materi Pengabdian masyarakat dosen lebih luas lagi ke warga di berbagai Jorong, selain nagari Tarayan yang telah berkomunikasi dengan DPL sejak bertemu saat survey KKN.

Salah seorang warga sangat tertarik untuk program kerja mengenai pengolahan ampas tebu mengajak untuk datang secara lansgung ke pabrik olahan tebu yang telah berjalan turun temurun di Tigo Balai. Ibu-ibu posyandu dan PKK juga menunggu Pengabdian terkait budidaya lebah, literasi den pengelolaan sampah dapur dapat diikuti warga berbagai Jorong di Tigo Balai.***