Sumbar Emas 2045 Bisa Dicapai dengan Kolaborasi Hexa Helix yang Konkret dan Masif

oleh -738 views
oleh
738 views
Ketua Padang Creative City Forum Ahmad Hafidz, ungkap Sumbar Emas 2045 diuntungkan demografi. (cm)

Padang, — Sumatera Barat (Sumbar) punya masa depan sangat cerah, terutama dengan adanya bonus demografi yang dihadapi pada tahun 2045, yaitu usia produktif mencapai 72,17 persen.

Karenanya, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) daerah itu harus disusun dengan pendekatan yang menyeluruh, yaitu mempertimbangkan tujuan, sekaligus perkembangan digital dan optimalisasi sumber daya daerah.

Hal ini mengapung saat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPEDDA) Sumbar menggelar kegiatan penyusunan RPJPD Sumbar 2025-2045, baru-baru ini.

Disampaikan oleh narasumber terkemuka, Ketua Padang Creative City Forum Ahmad Hafidz, yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas, Sumbar memiliki potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah.

“Namun, untuk mengoptimalkannya, perlu dijabarkan langkah-langkah teknis dalam RPJMD dan RKPD,” ujar Ahmad Hafizd.

Menurut dia, perlu ada koordinasi Hexa Helix secara masif, yaitu kolaborasi yang melibatkan akademisi, sektor bisnis, komunitas, pemerintah, agregator, dan media. Ditekankan, koordinasi terintegrasi antar sektor menjadi krusial untuk memaksimalkan pemanfaatan potensi yang dimiliki Sumatera Barat.

“Pengalaman sebelumnya menunjukkan bahwa meskipun RPJPD telah tersusun rapi, pencapaiannya masih jauh dari harapan. Hal ini disebabkan oleh koordinasi belum berjalan efektif, bahkan acap kali hanya sebatas seremonial. Karenanya, evaluasi diperlukan dengan meningkatkan koordinasi, sehingga pemanfaatan sumber daya di Sumatera Barat dapat lebih realistis dalam mencapai Sumatera Barat Emas 2045 dengan langkah-langkah konkret,” ungkap Ahmad Hafizd.

Dengan semangat kolaborasi dan evaluasi yang mendalam, Ahmad Hafizd berharap Sumbar dapat memanfaatkan bonus demografi, memperkuat Hexa Helix, dan merinci langkah-langkah teknis untuk mencapai visi Sumatera Barat Emas 2045 secara lebih efektif.(cm)