Sumbar I Jadi Dapil Neraka, Ini Caleg Buat ‘Tidak Tidur’ Calon Incumbent DPR RI…

oleh -5,705 views
oleh
5,705 views
Tokoh baru yang siap berebut 8 kursi DPR RI di Dapil Sumbar I dengan Calon Incumbent pada Pemilu 2024. (desain by grp)

Padang — Pemilihan Umum (pemilu) tinggal 407 hari dari Senin 2/1/2023, pemilu serentak dipastikan berlangsung pada 14 Februari 2022.

Khusus untuk Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar I telah star untuk merebut 8 kursi tersedia di Dapil ini.

Nama tokoh yang muncul. itu diprediksi bisa membuat Calon Incumbent DPR RI tidak bisa tidur nyenyak lagi.

“Dapil Sumbar I ini, lambat panas, tapi memasuki awal 2023 ini, diperkirakan akan berubah jadi Dapil Neraka,” ujar banyak analisis politik, Senin (2/1-2022).

Bahkan diperkirakan delapan kursi yang diperebutkan banyak muka baru menjadi legislator republik dari Dapil Sumbar I.

“Dari penelusuran Tim Media sejak pertengahan Desember 2022,, ekstremnya hanya menyisakan tiga atau empat Caleg Incumbent terpilih kembali, sisanya muka baru, karena ketokohan mereka luar biasa,” ujar Almudazir, Koordinator Tim Media Sumbar.

Muka baru yang buat Caleg Incumbent DPR RI resah itu dari penelusuruan Tim Media terdiri dari mimbarsumbar id, tribunsumbar, relasipublik,, fixsumbar, 92bews.id dan seputarsumbar.com serta scientia.id, ada M Shadiq Pasadique, Mantan Bupati Tanah Datar 2 periode yang infonya maju lewat Partai NasDem.

“Bang Shadiq ini ketokohannya kompleksitas, aktifis kepemudaan, pamong senior dan termasuk kepala daerah yang sukses jadikan Tanah Datar tinggal landas dari kabupaten biasa saja menjadi maju di era Shadiq memimpin. Pak Shadiq itu peletak kemajuan Tanah Datar,” ujar owner mimbarsumbar.id ini.

Selain itu dari penelusuran di berbagai nagari di Tanah Datar, sukses Shadiq masih terpatri di hati warga Tanah Datar.

“Beliau pemimpin yang selalu meninggalkan bekas baik di hati warga. Programnya membantu anak-anak kurang mampu berkuliah itu terasa hingga kini. Pak Shadiq selalu berkomunikasi pada mahasiswa yang dapat bantuan dari Pemkab Tanah Datar dulunya,” ujar Herman yang kini sudah menamatkan kuliahnya di UNAND.

Selain Shadiq ada Caleg lain yang siap membuat Caleg Incumbent gagal duduk di kursi DPR RI, seperti Zigo Rolanda, Alirman Sori dari Partai Golkar, Rahmat Saleh dari PKS, Irjen Pol (Purn) Fakhrizal, Albert Hendra Lukman dari PDI Perjuangan dan Nofi Candra dari Partai Gerindra.

“Menarik Zigo dan Alirman Sori, satu Ketua DPRD Solok Selatan dan Anggota DPD RI, ini pertarungan soliditas kabupaten asal masing-masing. Kalau berkolaborasi bisa-bisa Partai Golkar dapat dua kursi di DPR RI, itu artinya mengembalikan kejayaan Partai Golkar di Dapil ini,” ujar Almudazir.

Sementara Irjen Pol (Purn) Fakhrizal yang mantan Kapolda Sumbar juga Mantan Cagub Sumbar 2020 bisa saja memberikan satu kursi DPR RI ke PDI Perjuangan.

“Ingat ada Albert Hendra Lukman yang soal pemilihan sudah sarat pengalaman, modal pengalaman Albert untuk merebut kursi DPR RI,” ujar Almudazir.

Lalu Rahmat Saleh, Anggota DPRD Sumbar dari PKS juga sudah menebar baliho Caleg DPR RI 2024. Rahmat Saleh bisa saja membuat Caleg Incumbent PKS Hermanto gigit jari kalau Hermanto maju kembali ke DPR RI.

Nofi Candra juga punya kans memperkuat dan menambah pundi suara Partai Gerindra. Tokoh Kabupaten Solok ini masih memiliki loyalis kuat.

“Nofi Candra bisa saja menggeser Pak Suir Syam, kalau Andre Rosiade sulit, karena penelusuran kami Andre elektabilitas nya tertinggi dari 8 anggota DPR RI dari Dapil Sumbar I,” ujar Almudazir.

Nah, 2023 ini menjadi ajang bagi para calon DPR RI untuk berbaur dan berinteraksi dengan pemilih, silahkan tebar gagasan dan ikat silaturahmi dengan pemilih agar mendapat tempat di hari masyarakat. (adr)