Sumbar Torehkan Dua Rekor Covid-19

oleh -182 views
Penanganan Covid-19 Sumbar, duanrekor nasional terjadi hari ini Sabtu 27/6 (foto: gusrik)

Padang,—-Penanganan Covod-19 di Sumbar tetap berpatokan lepada Badan Kesehatan Dunia (WHO) treacing, tracking dna testing.

Hari ini kurva landai covid-19 semakin nyata di Sumbar malah dua laboratorium mencatakan rekor pemeriksa sample swab terbnayak seluruh Indonesia.

Juga persentase kesembuhan pasien covid-19 hari ini, Sumbar juga menorehkan rekor yakni 81,2 persen.

”Allhamdulillah, hari ini dua rekor dicatakan Sumbar di tingkat nasional, swab terbanyak dan pasien sembuh denagn persenatsae tertinggi di Indonesia,”ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman, Sabtu 27/6 di Padang

Sample swab diperiksa swab 2171 dan angka kesembuahn 81,2 persen, kedua itu tertinggi dari data nasional adalah teringgi di seluuh Indonesia.

Pemeriksaan sample swab sebanyak itu dikirim dari berbagai rumah sakit di Sumbar dilakukan pemeriksaan oleh Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan 8Pengujian Veteriner Wilayah II Baso sejak Kamis hingga pukul 02.00 WIB Jumat dinihari tadi.

“2171 spesimen swab terperiksa, terkonfirmasi positif sebanyak 3 orang. Dari 3 orang tersebut, 1 (satu) orang warga Provinsi Jambi baru sampai ke Padang dan dua orang lagi berasal dari Kota Padang,”ujar Jasman.

Hari ini juga laboratorium menyampaikan kepada Gugus Tugas Sumbar penambahan pasien sembuh 16 orang.

“Jadi, total pasien positif covid-19 sembuh 587 dengan tingkat kesembuhan 81.2 persen. Sedangkan total positif covid-19 Sumbar 723 orang, meninggal 31 orang atau 4,28 peren,”ujar Jasman.

Meski Sumbar dinilai masuk fase kurva landai Jasman menyampaikan pesan Gubernur Irwan Prayitno selaku ketua Gugus Tugas Provinsi Sumbar, supaya masyarakat tetap waspada.

”Kita jangan lengah. Tetaplah waspada, jaga kesehatan dan mari konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,”ujar Irwan Prayitno disampaikan Jasman Sabtu siang ini. (koko)