Sumbar Tuan Rumah Iven Nasional Pacuan Kuda PP Pordasi

oleh -60 views
oleh
60 views

Padang– Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi), Triwatty Marciano bersilaturahmi ke kediaman Gubernur Sumatera Barat (Sumbar). Kedatangannya tersebut untuk membahas suksesi penyelenggaraan Kejurnas seri I dan II di Sumbar.

“Pertemuan kali ini, adalah tindaklanjut dari pembicaraan sebelumnya di Lanud Sutan Sjahrir beberapa waktu lalu, saat acara Penas Tani. Dimana saat itu, Gubernur minta agar Sumbar dipilih sebagai lokasi menyelenggaraan Kejurnas,” ungkap Triwatty setelah pertemuan di Padang, Senin (10/07/2023).

ia mengaku, pada tahun 2023 ini pihaknya akan menyelenggarakan 2 seri Kejurnas Pacuan Kuda di Sumbar. Untuk Seri I, saat ini tahapannya sudah dimulai, dimana untuk pendaftarannya telah ditutup pada 8 juli kemaren, sedangkan untuk babak penyisihan akan dilaksanakan tanggal 16 juli nanti dan babak finalnya diselenggarakan tanggal 30 juli.

Sementara untuk Seri II, akan diselenggarakan pada akhir agustus hingga awal september tahun ini, dimana tahapan pendaftaran akan ditutup pada 12 agustus besok, sedangkan untuk babak penyisihan akan dilangsungkan di Gelanggang Pacuan Kuda Kandis Sawahlunto pada tanggal 20 mei, kemudian babak finalnya akan digelar pada tanggal 3 September.

Menurutnya, pada seri II ini ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan seri I karena seri II tersebut sekaligus menjadi babak kualifikasi untuk PON 2024.

“PP Pordasi telah sepakat menjadikan seri II, sebagai babak kualifikasi PON 2024. Sehingga menjadi suatu keharusan bagi Provinsi yang ingin mengikuti PON untuk hadir di Sumbar,” jelas Ketua Umum PP Pordasi.

Ia bahkan menyebut, untuk babak final seri II nanti, pihaknya sedang berupaya untuk bisa menghadirkan Presiden Joko Widodo ke Sumbar. Ia meyakini penyelenggaraan kejurnas serta penyisihan PON ini akan berdampak positif untuk sektor ekonomi dan pariwisata Sumbar.

“Diprediksi akan banyak orang yang akan datang ke Sumbar pada kejurnas seri II nanti, ini akan bagus untuk sektor pariwisata Sumbar,” terang Triwatty.

Terakhir, ia menyarankan kepada Gubernur agar memasukkan even Kejurnas Pacuan Kuda kedalam kalender even daerah untuk tahun 2023 ini

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah menyambut baik penyelenggaraan Kejurnas Pacuan Kuda di Sumbar. Ia menilai itu bisa mendukung upaya Pemprov Sumbar meningkatkan angka kunjungan wisata ke Sumbar.

“Kegiatan ini, bisa mendukung program Visit Beautiful West Sumatera 2023 yang telah kita gagas beberapa waktu yang lalu. Kita sangat berterima kasih kepada PP Pordasi untuk itu,” ungkap Gubernur Mahyeldi.

Selain berdampak terhadap sektor pariwisata, menurutnya itu juga akan berpengaruh positif untuk perekonomian masyarakat karena bisa mendatangkan banyak orang ke Sumbar.

“InsyaAllah kita akan hadir pada gelaran Kejurnas itu, kita sangat mendukung penyelenggaraan berbagai iven tingkat nasional di Sumbar,” ujar Mahyeldi.

Ia mengatakan, jika Sumbar bisa selalu mendapat kesempatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kejurnas Pacuan Kuda, bukan tidak mungkin pihaknya akan berupaya untuk mendatangkan indukan kuda dari luar negeri, agar peternak kuda di Sumbar menjadi semakin bergairah. (adpsb)