Suwandel Menang Kalau Mampu Rebut Pemilih Mengambang

oleh -589 views
Andri Rusta, Pemerhati Pilkada Unand

 

Padang,—Meski peluang incumbent Reza Pahlevi memenangi Pilkada Payakumbuh terbuka, bukan berarti sudah aman, karena incumbent lain Suwandel Muchtar, bisa saja menyalip dan Pikada Payakumbuh akan menghasilkan kejutan.
”Suwandel saat ini terus melakukan kerja keras baik pribadi calon maupun tim sukses untuk merebit suara pemilih mengambang atau yang belum menentukan pilihan (undeciden voters), ingat penentu kemenangan Pilkada Pyakumbuh adalah siapa yang bisa merebut undeciden voters ini,” ujar Pemerhati Pilkada Fisip Unand Padang Andri Rusta, Senin 6/2 di Padang.
Menurut Andri yang termasuk tim analisis survey di Spektrum Politica ini, hasil survey terkahir dilakukan berbagai lembaga survei di Payakumbuh, angka pemilih belum menentukan pilihan atau undecided voters cukup besar.
“Angka undecided voters di Pilkada Payakumbuh dari berbagai hasil data, analisa saya mencapai 25 persen, ini potensi besar untuk memastikan kemenangan,”ujarnya.
Suwandel dan timnya masih berpeluang mengalahkan Reza dan Wendra, apalagi peta sebaran pemilih berpihak ke Suwandel Mukhtar.
“Suwandel berada di basis pemilih lebih banyak dibandingkan basis suara Reza dan Wendra,” ujar Andri Rusta.
Tapi kalau tim Suwandel tidak mampu merebut 25 persen pemilih belum menentukan pilihan tadi, Andri menilai Pilkada Payakumbuh masih untuk Reza Pahlevi.
“Yang harus dipastikan itu bisakah Suwandel dan timnya memanfaatkan advanted (keuntungan) dan memobilisasi sentimen san primodialisme pemilih tersebut,” ujarnya.
Akademisi Fisip Unand ini menegaskan kalau tipologi pemilih di Payakumbuh dan berbagai daerah Pilkada lain di Sumbar bukan soal program dan buah tangan kerja calon sebelum Pilkada. “Acap yang menetukan pilihan pemilih itu soal sentimen kedaerahan dan Payakumbuh termasuk daerah yang kuat sentimentnya apalagi primodialisme antara Koto Nan Ampek dengan Koto Nan Gadang,” ujar Andri.
Kunci penting lain bagi Suwandel untuk menjadikan hasil Pilkada Payakumbuh kejutan yakni soal ketersediaan ‬logistik dan pergerakan tim di bawah pada seminggu terakhir, jelangvhari H pencoblosan.
“Tapi kalau tidak maksimal, analisa saya, pasti Reza menang dengan angka partisipatif rendah,” ujarnya.
Tapi kalau basis pemilih Suwandel datang ke TPS menunaikan hak memilihnya dan mampu merebut undecided voters tadi maka peluang Suwandel memenangi Pilkada sangat terbuka sekali.(wandi)