Tak Kalah Sigap, Rektor Unand Lepas Tim Tanggap Bencana Meluncur Ke Pasaman Barat

oleh -140 views

Padang–Sore ini Rektor Universitas Andalas, Prof Yuliandri respon cepat dengan melepas tim tanggap bencana menuju lokasi gempa Pasaman Barat. Tim ini terdiri dari 3 element ini yaitu Fakultas Kedokteran Unand, RS Unand dan RS M.Jamil Padang yang dilepas dengan ambulance lengkap dengan peralatan medis di depan gedung kedokteran Unand, Jumat (25/2/22).

“sore ini kita lepas Tim pertama tanggap darurat bencana Unand yang segera bertindak cepat dan memantau langsung korban bencana di lapangan juga sebagai advance untuk memetakan dimana titik-titik posko bencana akan kita dirikan disana , mereka ini adalah tim 24 jam standby siap sewaktu-waktu dikerahkan bantu masyarakat tertimpa musibah di mana saja di negara republik ini,” ujar Prof Yuliandri

Selain Rektor Unand Prof Yuliandri, pelepasan ini dihadiri oleh Dirut dr Yevri Zulfiqar dan Kordinator Tim dr Rizki.

dr Yevri mengatakan Tim Tanggap Darurat terdiri dari dokter ortopedi seperti dr Hermansyah, juga ada dari dokter Bedah, dan dokter penyakit dalam serta dokter THT.

“Hari ini ada sembilan dokter kita berangkatkan ke lokasi becana dalam tajuk Unand Peduli Tanggap Darurat Bencana Gempa Pasbar” ujar Yevri

Koordinator Tim dr Rizki menambahkan tim yang berangkat hari ini adalah tim khusus bidang kesehatan dan tenaga medis.

Unand kerahkan dokter tulang, THT dan penyakit dalam. Besok kata Rektor juga dilepas tim kedua yakni tim dari Pusat Studi Gempa Unand terkait kelayakan tata bangunan pasca gempa guna mengecek kelayakan bangunan baik bangunan publik maupun bangunan warga untuk aman ditempati.

“Selamat jalan untuk misi kemanusian ini. saya lepas secara resmi dengan ucapkan bismillahirahmanirrahim, ayok bantu warga kita korban bencana gempa Pasbar,” ujar Prof Yuliandri. (***)