‘Tak Kapolda pun, Masjid Ini Tetap Pak Fakhrizal Meresmikannya’

oleh -463 views
IREJEN POL FAKHRIZAL PAMIT (foto: ig@ irjenpolfakhrizal)

Padang Panjang,—Itu terucap dan menjadi tekad panitia peresmian Masjid Taqwa Muhamadiyah di Padang Panjang.

Beruntung jelang hari serah terima jabatan Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal kepada Irjen Pol Toni Harmanto, putera Kamang ini masih diberi waktu meresmikan masjid di Pabasko Padang Panjang itu.

“Kalau tidak jadi Kapolda pun yang meresmikan masjid tetap pak Fakhrizal, begitulah kehendak pengurus dan jemaah masjid ini,”ujar Ketua Muhammadiyah Sumbar Shofwan Karim saat memberikan sambutan pada peresmian Masjid Muhamadiyah di Padang Panjang, Jumat 13/12.

Masjid megah dan besar itu berada di Komplek Kauman Padang Panjang, akhirnya terwujud juga diresmikan oleh Irjen Pok Fakhrizal.

Irjen Pol Fakhrizal resmikan Masjid Taqwa Muhammadiyah Kauman Padang Panjang. (foto: dok)

“Allhamdulillah, saya masih diberi Allah kesempatan bersama warga Muhammadiyah Pabasko Padang Panjang dan bersama pula kita meresmikan Masjid Taqwa Muhammadiyah Kauman Padang Panjang nan megah besar dan lengkap fasilitas religinya,”ujar Fakhrizal.

Masjid diresmikan Fakhrizal.ditandai dengan sholat jumat, namanya masih sama dengan masjid yang lama, yakni Masjid Taqwa Muhammadiyah Kauman Padang Panjang.

Hadir dalam acara itu Ketua PWM Sumbar Buya Shofwan Karim Elha, Wakil Walikota Padang Panjang Asrul, unsur flForkompinda, Ketua PDM Pabasko Abizar Lubis, mantan Bupati Tanah Datar Shadiq Pasadigoe, pengusaha Sumbar asal Pabasko H. Arnis Saleh Dt. Malano Basa, Ketua Pengurus Masjid Taqwa Muhammadiyah Kauman Padang Panjang Ali Usman Syuib, serta ratusan warga Muhammdiyah.

Fakhrizal mengungkapkan rasa senang dan bahagia atas kesempatan memberikan kata sambutan sekaligus meresmikan Masjid Taqwa Muhammadiyah itu.

“Saya Insya Allah Senin (16/12) akan mengakhiri masa tugasnya sebagai Kapolda Sumbar, maka kehadirannya di Padang Panjang sekaligus pamitan kepada masyarakat, dan terimakasih diberi amanah meresmikan Rumah Allah ini,”ujar Fakhrizal yang namanya makin deras disebut sebagai Calon Gubernur Sumbar dari jalur perseorangan berpasangan dengan Wako Pariaman Genius Umar di Pilkada Sumbar 2020.

Fakhrizal putra asli Agam Sumbar itu meminta pengurus masjid agar membuat kreatifitas yang dapat menjadi daya tarik kaum milenial.

“Salah satu upaya yang mesti dilakukan adalah pengelolaan manajemen masjid yang baik dan penggunaan teknologi informasi,”harap Fakhrizal.

Wawako Asrul mengapresiasi kerja keras PDM Pabasko dan panitia pembangunan dalam membangun Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang Panjang. Masjidnya megah dan berada di tengah kota, kemudian ada juga fasilitas pertokoan dan hotel.

Ketua PWM Sumbar Shofwan Karim mengatakan, selama ini kebanyakan masjid di Sumbar, termasuk masjid yang dibangun Muhammadiyah, hanya menjadi tempat ibadah dan pemantapan aqidah. Sedangkan fungsi muamalah, salah satunya pusat perekonomian belum tersentuh.

Ketua Pengurus Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang Panjang Ali Usman Syuib yang juga ketua panitia pembangunan menyebutkan, keinginan membangun masjid yang besar dan megah lantaran masjid yang lama sangat kecil, sehingga tidak mampu menampung warga Kauman Padang Panjang.

“Pada 10 Oktober 2016 dimulailah pembangunan masjid yang baru, yang bukan hanya besar dan megah, tetapi juga dilengkapi dengan pertokoan dan hotel, Allhamdulillah hari ini diresmikan Pak Fakhrizal,”ujarnya. (rilis: fakhcenter)