Tanah Datar Masuk Kategori 11 Kabupaten Sehat, Ini Kata Jurinya

oleh -206 views
Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat dari Kementerian Dalam Negeri, Hening Woro Hastami di Gedung Indo Jolito Batusangkar. (foto: fantau)

Batusangkar, –Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat dari Kementerian Dalam Negeri, Hening Woro Hastami menyampaikan Kabupaten Tanah Datar masuk dalam 11 daerah di Sumbar yang lolos bedah dokumen untuk dilakukan tinjauan ke lapangan.

“Kami mengapresiasi kehadiran pimpinan perangkat daerah dan unsur masyarakat, ini menunjukkan komitmen bersama antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam pembangunan daerah,” kata Hening didampingi anggota Tim lainnya Kementerian Kesehatan, Alisya Ridha Mustika di Batusangkar, Senin 5/8.

Ia menjelaskan penekanan penilaian daerah sehat ini bertambah tiap tahun sesuai dengan isu strategis yang terbaru.

“Kita bukan mencari juara, tetapi ingin melihat kinerja pemerintah daerah dan masyarakat terhadap isu ini, untuk itu bantu kami dengan informasi, data dan klarifikasi di lapangan,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Tanah Datar Mukhlis menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan program kabupaten sehat dimana pada 2013 dan 2015 mampu meraih predikat Swasti Saba Padapa dan meningkat menjadi Swasti Saba Wiwerda pada 2017.

“Pada tahun 2019 ini, semoga kita bisa meraih predikat Swasti Saba Wistara,” harap Mukhlis.

Ketua Forum Kabupaten Sehat Tanah Datar Muhammad Yasin menjelaskan ada lima tatanan penilaian yang dipilih dengan 11 lokasi yakni bank sampah di Nagari Cubadak, Pasar Serikat Batusangkar dan Taman Pagaruyung, yang dinilai tatanan kawasan pemukiman dan prasarana sehat.
Kemudian, Desa Terindah Nagari Pariangan dan Rumah Pohon Tabek Patah berupa tatanan kawasan pariwisata sehat, Kelompok Tani Nagari Tanjung Barulak dan Nagari Situmbuk berupa tatanan ketahanan pangan dan gizi. Serta, Posyandu Lansia Nagari Sumanik, Inovasi Rokcatin Basah Puskesmas Batipuh I berupa tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan UP2K PKK Nagari Situmbuk dan Puskesmas Ramah Anak Puskesmas Lima Kaum I berupa tatanan kehidupan sosial yang sehat. (fantau)