Tapaki Jejak Kedjajaan Bangsa, IKA Unand Gelar Jalan Sehat

oleh -358 views
Jalan Sehat IKA Unand 5 April 2020, berkolaborasi dengang berbagai institusi untuk mengukir kedjajaan bangsa. (foto: dok)

Padang,—April tahun ini, tepatnya Minggu tanggal limanya, ribuan alumni Unand, mahasiswa Unand dan Mahasiswa Unidha bakal rame-rame turun ke jalan, ngapain?

Tidak aksi turun ke jalan tidak pula melakukan demonstrasi, tapi ribuan peserta bersama menapaki kedjajaan bangsa, bersama Ketua Umum DPP IKA Unand, Asman Abnur, Rektor Unand yang juga alumni fakultas Hukum, Yuliandri & Ketua Alumni Fakultas Pertanian yang menjabat Walikota Padang, Mahyeldi, serta Deddi Prima Putera, Rektor Unidha yang merupakan Alumni fakultas MIPA, bersama-sama nantinya melepas peserta Jalan Sehat DPP IKA Unand dengan rute melalui jalan Hang Tuah, M. Yamin, Proklamasi, Sawahan sampai finish di kampus Unidha (Universitas Dharma Andalas).

“Ini merupakan kegiatan pemanasan menjelang Kongres IKA Unand 2020 yang idenya murni berasal dari aktivis muda berkolaborasi dengan organisasi kemahasiswaan, peran kami lebih sebagai supporting”, ungkap Alumni Fakultas Teknik yang juga Wakil Ketua Umum/Ketua Harian DPP, Surya Tri Harto.

Penyelenggaran puncak acara dan penutupan kata Surya di kampus Unidha Simpang Haru menjadi semacam proklamasi simbolik tentang hubungan Unand & IKA Unand sebagai Pembina Unidha.

Waketum DPP, Masrul, sangat antusias dengan kegiatan yang mensinergikan potensi alumni. Mantan Dekan Fakultas Kedokteran tersebut meyakinkan, sebagai tuan rumah siap mengerahkan seluruh sumberdaya yang ada, termasuk memberdayakan Ambulan dan tenaga medis RS Unand.

“Saya kontak langsung Direkturnya yang alumni kita juga, In Shaa Allah mereka mendukung,”ujar Masrul.

Di sisi lain, terkait dengan kondisi Sumatera Barat sebagai ‘supermarket’ bencana direspon panitia dengan berkolaborasi dengan pihak terkait untuk memanfaatkan momentum kebersamaan ini dengan menggelar sosialisasi & edukasi bencana. Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2020 yang di pusatkan di Sumbar, berkoordinasi dengan BNPB, BPBD & PSB (Pusat Studi Bencana ) Unand juga akan digelar sosialisasi & edukasi warga kota Padang, khususnya alumni, untuk kesiapsiagaan menghadapi bencana.

“Rektor merespon dengan meminta Panitia berkoordinasi dengan Pak Febrin dari PSB Unand, disamping audiensi dan penyamaan langkah dengan Kepala BNPB,”ujar Ketua Panitia Ilhamsyah Mirman terkait program sosialisasi & edukasi ini.

Melihat animo ini, salah seorang ‘menteri’ BEM Unand, Rendri, optimis target seribu peserta bisa tercapai. “Saya akan mengajak teman-teman mahasiswa ikut bergabung sekaligus tukar wawasan dengan kakanda alumni”, ungkap Rendri di sela-sela rapat koordinasi panitia.

Mudah-mudahan acara perdana mengebyarkan Kongres IKA Unand 2020 dengan tema ‘Mengukir Jejak Kedjajaan Bangsa’ kata Ilham berkontribusi membangun sinergi ranah Minang menuju Indonesia yang berkemajuan. (rls: hms-ikaunand)