Tarawih Bersama masyarakat Di Kurai Taji, Genius Umar Puji Warga

oleh -17 views

Pariaman–Taraweh di Mesjid Sejarah Muhammadiyah Kuraitaji, Walikota Pariaman, Genius Umar, Apresiasi masyarakat Desa Kuraitaji, dimana beliau menyampaikan bahwa pembukaan jalan baru Non Budgeter pertama, dimulai dari inisiatif masyarakat Kuraitaji dan sekitarnya, sehingga meluas sampai ke Sunur.

“Saya ingat pertama saya diajak Kepala Desa Kuraitaji ini, untuk memulai pembukaan jalan baru dengan gotong royong masyarakat, mereka secara sukarela menghibahkan tanahnya untuk dibuat jalan, untuk memudahkan akses dan memperbanyak jalan yang ada, dan sekarang telah tembus jalan dari Kuraitaji ini sampai ke sunur,” ujarnya, ketika memimpin Tim Safari Ramadhan (TSR) Khusus di Mesjid Sejarah Muhammadiyah Kuraitaji, Kecamatan Pariaman Selatan, Minggu malam (24/4).

Orang nomor satu di Kota Pariaman ini juga menghimbau agar pengurus dan masyarakat, untuk selalu merawat dan melestarikan keaslian bentuk dari Mesjid Sejarah Muhammadiyah Kuraitaji ini, karena berdasarkan pengakuan dari pengurus mesjid, bahwa mesjid ini mempunyai sejarah yang panjang dan cukup tua, ucapnya.

“Mesjid yang dibangun pada tahun 1928 oleh Muhammadiyah ini, merupakan tempat pertama kali Mesjid Muhammadiyah didirikan di Sumatera Barat, dan Kuraitaji juga sebagai pusat Muhammadiyah untuk Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, karena disinilah didirikan Cabang Muhammadiyah untuk dua Kabupaten/Kota tersebut pada tahun 1928,” terangnya.

Selain itu, Genius menuturkan Mesjid ini dikenal juga Surau Dagang, dikarenakan Mesjid ini dekat dengan pasar dan menjadi tempat shalat para pedagang. Mesjid ini dinamakan Mesjid Sejarah Muhammadiyah, karena dulunya berdirinya sebuah Mesjid pertama Muhammadiyah ini, ditentang oleh masyarakat setempat.

“Karena panjangnya sejarah mesjid ini, kiranya hal ini dapat menjadi acuan untuk dimasukan sebagai salah satu mesjid Heritage di Kota Pariaman, sehingga sejarah ini, dapat diteruskan untuk generasi yang akan datang,” tukasnya.

Genius juga menuturkan tujuan TSR khusus ini, yang pertama adalah untuk ibadah, dimana ia bersama dengan tim dan masyarakat, menjalankan sholat isya, dan dilanjutkan dengan sholat taraweh dan witir berjamaah.

“Selain untuk ibadah, TSR khusus ini juga sekaligus menjalin silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat, berdialog mendengar pesan dan masukan yang disampaikan dari masyarakat, dan kunjungan ini, adalah sebagai salah satu wujud pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” ungkapnya.

Labih lanjut Genius mengatakan bahwa saat ini, Pemerintah Kota Pariaman sangat giat-giatnya dalam membangun, baik itu pembangunan fisik maupun non fisik, dan kami juga menyampaikan berbagai program kerja dan pembangunan yang telah, sedang, dan akan kita lakukan, yang kesemuanya itu, adalah untuk Kota Pariaman lebih maju lagi, ucapnya.

“Kapada masyarakat, kiranya dapat terus membantu tugas dan program yang telah kita buat, sehingga berbagai pembangunan yang telah kita lakukan, nantinya akan bermanfaat dan memberikan nilai lebih, untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman itu sendiri,” tutupnya.

Dalam kunjungan TSR khusus ini, Genius Umar juga menyerahkan bantuan kepada pengurus Mesjid Sejarah Muhammadiyah Kuraitaji sebesar Rp. 5 Juta rupiah. (**)