Tari Kolosal, Hipnotis Ratusan Orang di Painan

oleh
Tarian kolosal persembahan Kominfo RI dan Komisi I DPR RI di Painan mampu menghipnotis generasi milenial, Sabtu 20/10 (foto: ri)

Painan,—Majelis Penggiat Pariwisata Pessel (MP3) bekerjasama dengan Kementerian Kominfo RI dan anggota Komisi I DPR RI Darizal Basir Sabtu malam tadi menggelar pertunjukan Tari Kolosal bertajuk Demi Sang Merah Putih.

Tarian kolosal ini mengangkat tema “Melestarikan Kebhinekaan, Mengoptimalkan Potensi Bangsa”mampu menghipnotis 500-an penontan di Indoor GOR. Zaini Zein Painan, 20/10..

Tarian yang melibatkan lebih 40 orang pengisi acara, kolaborasi Zagabi Tradisional Art dan Management
Sanggar Andam Suri Yo Bai Iyo Sanggar Anak Tarusan, salah satu program Kementerian Kominfo RI bekerjasama dengan Komisi I DPR RI, mampu menyihir ratusan pasang mata undangan dan penonton.

Hadir pada acara kali itu, H. Darizal Basir, Anggota Komisi 1, DPR RI, serta Narasumber Ahmed Kurnia
(Tenaga Ahli Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik) kementerian Kominfo RI, Safril, ST, MP
(Koordinator Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan) dipanduh moderator Doni Harsiva Yandra, S.IP, ME.

H. Darizal Basir anggota DPR RI Komisi I saat membuka Pertunjukan Kolosal mengajak kepada seluruh masyarakat, dan potensi-potensi anak bangsa, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan bisa terus berkreasi dalam rangka melestarikan Kebhinnekaan, Mengoptimalkan Potensi Bangsa.

Disinggungya soal meningkatnya angka penggunaan media sosial di Indonesia, ternyata diiringi dengan meningkatnya konten-konten hoax.

“Indonesia berada pada peringkat ke 4 terbanyak menggunakan smartphone. Tentu ini menjadi kekhawatiran bagi kita apabila mereka tidak jeli dalam menggunakan media sosial,”ujar Darizal.

Pada kesempatan itu politisi senior Partai Demokran dan mantan Bupati Pessel dua periode ini menghimbau masyarakat agar lebih jeli dengan hal ini sehingga kebutuhan akan informasi yang setiap waktu harus diakses tidak terkontaminasi oleh situs negatif yang pada akhirnya merugikan masyarakat itu sendiri.

Show Director Bambang Mara Sampono mengatakan, gelaran tari kolosal malam minggu kemarin itu bertujuan, sebagai diseminasi informasi, tontonan sekaligus tuntunan bagi masyarakat. Pertunjukan Kolosal serta melestarikan Kebhinnekaan, Mengoptimalkan Potensi Bangsa”. Tontonan seperti ini cukup lah positif, dalam rangka mempromosikan budaya di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kita ucapkan terima kasih atas kerjasama Kementerian Kominfo RI serta anggota Komisi I DPR RI, H. Darizal Basir, atas dukungannya hingga acara berjalan sukses dan lancar,”ujarnya.

Pimpinan Produksi M. Adli menuturkan, kegiatan seperti ini harus dilestarikan di kembangkan, dan di optimalisasikan potensi-potensi anak bangsa. Karena Kabupaten Pessel, mempunyai potensi budaya yang cukup beraneka ragam.

“Cukup banyak potensi anak bangsa di Kabupaten Pesisir Selatan perlu dikembangkan, dengan kegiatan seperti ini Majelis Penggiat Pariwisata Pessel maka bisa tersalurkan,”ujarnya.

Sementara itu Rian satu dari ratusan penonton yang sesak menyaksikan pertunjukan tersebut mengapresiasi pertunjukan ini, cukup positif bagi generasi milenial dalam ikut melestarikan budaya bangsa, apalagi di Kabupaten Pesisir Selatan yang mempunyai aneka ragam khasanah budaya.

“Kami anak muda Pessel berharap program seperti ini menjadi agenda bulanan atau tahunan MP3 Pessel, agar bakat dan hoby potensi anak bangsa bisa tersalurkan secara positif,”ujarnya berharap. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *