Tarusan Zona Merah Covid-19, Muhayatul Turun Tangan

oleh -394 views
Ketua Fraksi PAN DPRD Sumbar Muhayatul Chaniago (kanan) tinjau kesiapan Tarusan yang menjadi zona merah dalam menghadapi virus corona, Selasa 31/3 (foto: dok/mccenter)

Padang,— Hasil update pasien Covid di Pesisir Selatan per 31 Maret 2020 yakni ODP 142, PDP 3, Negatif 3, positif 2 dan meninggal 0.

“Positif itu berasal Kecamatan Koto XI Tarusan, dan di peta sebaran Covid-19, Tarusan zona merah, tentu harus diberi perhatian khusus oleh siapa saja,”ujar Anggota DPRD Sumbar Muhayatul Chaniago yang turun langsung melihat fasilitas Puskemas di kecamatan itu, Selasa 31/3.

Menghadapi ini kata Muhayatul, pemerintah semua tingkatan wakil rakyat dan tokoh masyarakat serta orang Tarusan harus solid atasi pandemi corona virus ini.

”Ayo bersama kita beraksi serempak menahan serangan Covid-19 ini. Dan kepada dunsanak kita yang positif, PDP atau ODP Covid-19, kita bersama pula untuk beri semangat supaya dunsanak kita itu kuat menjalai isolasi di rumah sakit atau isolasi mandiri di rumah, jangan dikucilkan,”ujar Muhayatul.

Muhayatul di Puskemas juga mendengarkan keluhan dokter dan awak medis di Puskesmas tersebut.

”dokter dan paramedis di Puskemas mengeluh karena ketakadaan Alat Pelindung Diri (APD), padahal untuk pasien ODP pak dokter dan bu perawat ini lah garda terdepannya,” ujar Muhayatul.

Muhayatul berjanji akan berjuang di provinsi Sumbar  untuk bantu Puskesmas dengan APD dan alat kesehatan standar.

”Semua Puskemas harus memilik itu, karena Tarusan zona merah tentu harus diperhatikan khusus, DPRD Sumbar sudah sepakat memotong anggaran perjalan dinas, Pemprov harus segera alihkan itu untuk membeli APD,”ujar Muhayatul. (rilis: mcc/koko)