TASLIM CHANIAGO Sang Visioner Ranah Minang

oleh -138 views
Taslim Chaniago (kanan) bersama pengusaha nasional, mantan Wagub DKI Jakarta dan Cawapres Pemilu 2019, Sandiaga Salahuddin Uno. (foto: dok/ @jasmanchaniago)

 

Oleh:
Jasman Chaniago

 

Luak Agam memang tak pernah kehabisan tokoh, sejak zaman Belanda, sampai sekarang tokoh nasional asal Agam selalu silih berganti dari era ke era.

Tokoh asal Agam itu lahir di setiap eranya,  baik zaman Belanda, zaman Jepang, zaman perjuangan kemerdekaan, orde lama, orde baru bahkan sampai sekarang tokoh asal Agam selalu saja menghiasi pentas politik nasional.

Sebut saja mulai dari Tuanku Nan Renceh, H.Agus Salim, Siti Rasuna Said, Inyiak DR, Dahlan Jambek, Buya Hamka dan masih banyak lainnya, tokoh-tokoh ranah minang ini telah persembahkan peran pentingnya untuk Indonesia yang kita cintai ini.

Bahkan salah seorang founding fathers bangsa ini juga berasal dari ranah minang atau Luak Agam yakni sang proklamator BUNG HATTA.

Sebagai mana istilah minangkabau ” Kalau Induaknyo Kuriak – Anaknyo Karintiak juo atau Anak rajo turun tamurun – anak puti sunduik basunduik”

Di era sekarang tokoh politik nasional asal ranah minang pun banyak yang berasal dari luak agam, di antaranya ada Ir.Mulyadi Politisi Demokrat yang sudah tiga periode mewakili rakyat sumbar II di DPR-RI, Tiffatul Sembiring dari PKS , dan di kepolisian ada DRS Irjen Pol FAHKRIZAL . SH.MH, Boy Rafli Amar dan satu lagi yang paling fenomenal yakni TASLIM CHANIAGO,

BUNG TASLIM, Putra Asli nagari Simarasok Kecamatan Baso Kabupaten Agam ini telah membuat bangga urang minang dengan kegigihannya memperjuangkan hak-hak masyarakat kecil alias rayaik badarai,

Pentolan Partai PAN ini sering menjadi trending topic saat dirinya duduk di Komisi 3 DPR-RI periode 2009 – 2014 lalu, Polwan berhijab adalah salah satu perjuangannya dan kawan-kawan di gedung rakyat tersebut.

Demikian juga saat Taslim Dt Tambogo Duduk di Banggar DPR-RI , rencana rehab gedung DPR yang dinilai terlalu besar ditolak oleh Taslim DKK, sontak saja kegigihan Taslim memperjuangkan rakyat kecil itu membuat dirinya menjadi ikon media televisi saat itu.

Kini Sang Vioner disebut-sebut akan maju di Pilkada Agam (semoga). (analisa/laman facebook @jasmanchaniago)

By, jasman chaniago