Temuan Survey Polstra, Waooo Gerindra Tetap Menang Tapi…

oleh -875 views
oleh
875 views
Direktur Polstra Yovaldri Riko beberkan temuan surveinya tentang Pemilu dan Pilkada Kota Padang, Kamis 4/1-2024. (adr)

Padang,— Pemilu semakin dekat, para lembaga survei baik pusat dan daerah berpacu mempublish analisanya. POLSTRA Research & Consulting pun merilis temuan Survey nya bertajuk “Dinamika Elektoral Kota Pada Masa Awal Kampanye Pemilu Tahun 2024”.

Survey ini dilakukan dengan tujuan mengukur persepsi dan preferensi terkini masyarakat Kota Padang dalam menghadapi Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Polstea melakukan survei secara tatap muka, dengan jumlah sampel 820 responden, di mana dengan jumlah sampel tersebut terdapat margin Of Error (MoE) 3,4% dengan Level Of Convidence (LoC) 95%.

Penarikan sampel menggunakan metode Multistage Random Sampling dimana responden dipilih secara proposional tersebar di 11 Kecamatan di Kota Padang.

“Pada survei ini responden merupakan warga negara Indonesia yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Dalam menjaga kualitas penelitian survey ini kami melakukan Quality Control (QC) dengan metode Spotchecker sebanyak 20% dari total responden dan Phonechecker sebesar 60% dari total responden, di mana responden yang sudah diwawancara oleh enumerator (surveyor) didatangi kembali dan sebagian besarnya ditelepon kembali. Survei ini dilakukan pada 08-13 Desember 2023.,”ujar Direktur Polstra Yovaldri Riko, lewat rilisnya, Kamis 4/1-2024.

Riki pun memastikan sampling tersebar secara proposional dan mendekati realitas sehingga temuan survei memenuhi aspek keterwakilan.

“Kami melakukan validitas sampel dengan cara membandingkan sampling yang sudah kami lakukan dengan data Populasi Kota Padang berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS),”ujarnya.

Dari kasat mata hasil, ternyata Partai Gerindra tetap unggul di Kota Padang, tapi hasil tak seperti 2019, karena tergerus oleh NasDem dan PKS akibat ekor jas Anies Baswedan

“Sepertinya begitu,”ujar Riki singkat kepada wartawan saat dikonfirmasi, Kamis malam ini. (adr)