Terima Kasih Pak Gubernur Irwan Prayitno

oleh -437 views
Penulis Yohanes Wempi (kiri) bersama Gubernur Irwan Prayitno. (foto: dok)

Oleh: Bagindo Yohanes Wempi

MASYARAKAT Sumatera Barat perlu memberikan apresiasi tinggi pada Irwan Prayitno atas kepemimpinannya selama dua periode memimpin daerah dan masyarakat. Masyarakat Sumbar perlu mengucapkan, ‚ÄúTerima Kasih Pak Gubernur Irwan Prayitno’.

Ucapan terima kasih ini juga perlu diucapkan kepada Ketua PKK Sumbar atau istrinya gubernur Hj. Nevi Zuairina yang sekarang juga sebagai anggota Komisi VI DPR RI. Telah setia mendampingi Pak Gubernur Sumbar dalam menjalankan tugasnya.

Lahirnya Profesor DR. Irwan Prayitno jadi Gubernur Sumbar dalam kondisi ranah Minangkabau porak poranda oleh bencana gempa 30 september 2009.

Jika melihat kondisi Provinsi Sumbar saat itu sangat memprihatinkan, akibat gempa besar berkekuatan 7,9 Skala Richter (SR), telah meluluh-lantakan bangunan fisik di 10 kota dan kabupaten di Sumbar.

Bahkan gempa tersebut menelan korban meninggal mencapai 1.200 orang, luka-luka hampir 3.000 orang, dan menyebabkan tidak hanya kerusakan infrastruktur bangunan pemerintah dan umum. Tetapi juga kerusakan sejumlah rumah penduduk.

Setelah dilantik bersama Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim (almarhum), Irwan Prayitno bergerak cepat melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi Sumbar pasca gempa 2009. Mengejar anggaran pusat.

Selain proses rehalibitasi dan rekonstruksi, Pemprov Sumbar juga fokus menyiapkan langkah mitigasi untuk meningkatkan kesiagaan Sumbar menghadapi bencana di masa depan.

Pemulihan pasca gempa berhasil dilakukan berkat perencanaan yang matang dan inovasi, hingga 2012 seluruh bangunan yang terkena gempa sudah bisa diselesaikan di bawah kepemimpinan Irwan Prayitno.

Kesuksesan Irwan Prayitno, yang Penulis memangilnya “Bang IP” juga dirasakan ketika Sumbar diserang covid-19. Dengan langkah sigap Bang IP menerapkan PSBB, membatasi orang masuk ke Daerah Sumbar.

Serta untuk mencegah penyebaran virus korona tersebut di tengah masyarakat, Bang IP mengambil kebijakan melakukan test swab gratis untuk masyarakat Sumbar. Serta menyediakan fasilitas karantina korban covid-19, dengan tempat yang terbaik bagi penderita.

Jika dihitung-hitung banyak sekali “makan tangan” Bang IP ini yang harus diapresiasi. Termasuk di daerah Penulis lahir yaitu Piaman. Sewaktu Penulis Anggota Dewan Kabupaten Padang Pariaman, setiap IP ke Piaman selalu mengajak Penulis melihat-lihat apa yang perlu dibangun di Piaman ini.

Alhamdulillah, banyak yang dibangun disini, di antaranya Pak Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno membangun stadion bertaraf international di Sikabu, Lubuk Alung. Serta Pak Gubernur Sumbar juga mendorong percepatan pembangunan jalan tol Padang-Sicincin yang sekarang sedang berlangsung.

Penulis pun terkadang geleng-geleng Kepala karena Bang IP akan merealisasikan semua keinginan dan permintaan dari Bupati Padang Pariaman, Drs Ali Mukhni tanpa berpikir panjang, lebar.

Pernah suatu waktu Penulis, Bang IP, Drs H. Ali Mukhni bertemu di pantai Tiram Katapiang. Dalam pertemuan tersebut Penulis kaget bahwa Bupati Padang Pariaman meminta Pak Gubernur membantu pembangunan sesuatu dalam bentuk ajuan proposal.

Kagetnya Penulis pada waktu, tanpa ada jedah untuk berpikir, Pak Gubernur Sumbar langsung menyetujui permintaan Ajo Kuni tersebut. Malah persetujuan tersebut diiringi dengan ucapan Pak Gubernur Sumbar ; “kalau Bupati Padang Pariaman minta apapun, ambo agiah mah (saya beri) “. Sambil tertawa kecil.

Begitulah kelebihan Bang IP tersebut yaitu cepat respon dengan kondisi yang ada, cepat tanggap atas permintaan dari masyarakat. Penulis yang pernah dekat dengan Bang IP semenjak 2003 sewaktu masih jadi Preaiden Mahasiswa Unand. Insyallah paham betul dengan prilaku dan perangai kebaikan Bang IP ini. Begitu seking dekatnya.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno tanggal 12 Februari 2021 sesuai keputusan DPRD Propinsi Sumbar akan memgakhiri jabatannya. beliau jika tidak ada halang melintang akan digantikan Mahyeldi-Audy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Priode 2021-2026.

Namun selaku masyarakat Sumbar yang menulis, Penulis mengaja Kita warga Sumbar baik di kampung, maupun di rantau mari sama-sama mengucapkan terima kasih kepada Irwan Prayitno, beserta Istrinya Hj. Nevi Zuairina yang telah membuat Sumbar Berjaya. (analisa)