Ternak Sapi dan Jalan Tol, Kadin Lampung Silaturahim dengan Buya Gubernur

oleh -371 views
Kadin Lampung audinesi dengan Buya Gubernur bahas investaai ternak sapi dan percepatan pembanguna tol Sumbar-Riau, Sabtu 19/6-2021. (foto: dok/ald)

Padang, — Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) Lampung berkoordinasi dengan Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi.

Rombongan Kadin Lampung didampingi Ketua Kadin Indonesia Provinsi Sumbar Dr. Ir. Yurnalisman Syam, M.Si.
Ketua Kadin Lampung Ginta Wiryasenjaya yang juga ‘urang awak’ ini mengatakan, kedatangannya ke Sumbar untuk audiensi dengan Gubernur Mahyeldi dalam upayanya berkontribusi membangun kampung halaman, di sektor peternakan dan ikut proses pengerjaan pembangunan jalan tol.

“Kedatangan kami ke Sumbar menindaklanjuti pertemuan dengan Buya Mahyeldi di Lampung. Prinsip kami sebagai pengusaha, ikan sepat ikan gabus, lebih cepat lebih bagus,” ujar Ginta dihadapan Gubernur Mahyeldi di istana Gubernur Sumbar, Sabtu 19/6-2021.

Target Kadin Lampung yang juga datang bersama Kadin Indonesia, bisa mencarikan solusi untuk menyumbang ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumbar yang saat ini masih satu digit.

“Karena itu, kami berniat investasi untuk ternak sapi di Sumbar. Kam punya pasar yang jelas di luar negeri. Untuk ternak sapi ini, juga berencana menggandeng BUMD Sumbar sehingga kontribusinya pada daerah bisa lebih jelas,” ungkap Ginta.

Selain itu, lanjut Ginta, sebagai putra minang, pihaknya juga ingin pembangunan jalan tol Sumbar-Riau atau yang lebih dikenal dengan Jalan Tol Padang-Pekanbaru, segera selesai dan bisa dinikmati masyarakat.

Karena, kata Ginta, dengan selesaikan jalan tol ini, akan bisa memperlancar arus lalu lintas dan juga bisa mempercepat arus produksi pertanian Sumbar ke Riau.

“Kajiannya sudah jelas, keberadaan jalan tol akan mempercepa arus barang dari Sumbar ke Riau, khususnya sayur mayur dan produksi pertanian lainnya,” jelas Ginta.

Sementara itu Yurnalisman menambahkan, selain mendampingi rombongan Kadin Indonesia Lampung, dirinya juga ingin berkontribusi dalam percepatan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Sumbar-Riau.

“Setelah lepas dari Padang Pariaman, jalur pembangunan jalan tol memasuki Kota Padang Panjang, tepatnya melalui Nagari Gunung. Karena itu, saya sebagai Ketua KAN Gunung siap membantu agar pembebasan lahan tol yang melewati nagari ini bisa diaelesaikan dengan baik,” ungkap Yurnalisman.

Buya Mahyeldi menyambut baik dan mengapresiasi rencana Kadin Indonesia Lampung untuk berinvestasi di Sumbar.

“Kita membuka peluang bagi Kadin Lampung maupun secara pribadi untuk berinvestasi di Sumbar. Silahkan lihat peluangnya, soal perizinannya itu merupakan tanggungjawab pemerintah daerah. Kita siap memfasilitasi,” ungkap Buya Mahyeldi.

Buya juga meminta pihak Kadin Indonesia Lampung untuk berkoordinasi dengan OPD terkait, guna menindaklanjuti rencana investasinya.

Bahkan Buya Mahyeldi mempersilahkan pihak investor untuk berkoordinasi langsung dengan masyarakat setempat.

“Silahkan buat perencanaannya secara tertulis, nanti kita sepakati apa yang akan diinvestasikan dan bagaimana sistemnya, apakah pengiriman atau budidayanya. Kalau ada kesepakatan antara investor dengan maayarakat, silahkan. Kita suap fasilitasi,” ujar Buya Mahyeldi.

Terkait rencana investasi ini, Yurnalisman selaku Ketua Kadin Indonesia Provinsi Sumbar, siap membantu memfasilitasi dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat.

“Kita siap membantu membuatkan MoU-nya agar jelas bagaimana sistem investasi dan kerjasamanya,”ujar Yurnalisman. (rilis)