Tiada Hari Tanpa Inovasi, FT Unand Ujudkan Lewat Pengabdian Masyarakat

oleh -571 views
FGD Pemkab Pasaman dengan FT Unand dalam rangka pengabdian masyarakat kaum akademisi dipimpin Dekan FT Unand Insannul Kamil, Kamis 14/2 di Lubuk Sikaping (foto: ftunand)

Pasaman,—Tidak pernah berhenti melakukan inovasi untuk membuat kemajuan bagi daerah dan masyarakat, itu menjadi motto Fakultas Teknik Universitas Andalas (FT Unand) menyambur era 4.0.

Seperti Kamis -Jumat (14 – 15 Februari 2019, FT Unand melaksanakan program terpadu pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Pasaman dengan melakukan sinergi empag kegiatan sekaligus.

Rombongan FT Unand dipimpin Dekan Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D, IPM, AER dan Wakil Dekan I (bidang akademik) Prof. Gunawarman, Dr.Eng. yang merupakan putra asli kabupaten Pasaman.

Pada.pengabdian masyarakat di Pasan itu FT Unand melaksanakan beberapa program antara lain:

1. Bimbingan teknis dan operasional Manajemen Industri dan Pemasaran Online produk – produk IKM/UMKM di Pasaman yang dilanjutkan dengan kunjungan lapangan lantai produksi, mesin dan peralatan produksi produksi di IKM makanan ringan Kipang Bonjol.

2. Kunjungan ke SMAN 1 Lubuk Sikaping dalam rangka sosialisasi Fakultas Teknik Universitas Andalas.

3. Focus group discussion (FGD) transformasi digital pelayanan sektor publik untuk peningkatan dan memacu pertumbuhan ekonomi kabupaten Pasaman.

4. Rencana implemetasi Nagari Digital di Kanagarian Panti, Pasaman.

Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama membuka secara langsung FGD yang dihadiri hampir seluruh OPD terkait, bertempat di ruang rapat Bupati Pasaman.

Adapun pemaparan kunci disampaikan langsung oleh Bapak Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D, IPM, AER selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas.

Pada sesi diskusi, banyak pertanyaan serta masukan yang disampaikan oleh SKPD dan Pelaku IKM/UMKM di Pasaman kepada Wakil Bupati Pasaman dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas.

“Hasil dari kegiatan ini adalah Pemda Pasaman, Institusi pendidikan (akademisi) serta IKM harus melakukan saling bersinergi menciptakan inovasi agar mampu bersaing di era industri 4.0 kedepan,”ujar Insannul Kamil, Kamis 14/2.

Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama pun berkomitmen mendukung kegiatan pengembangan nagari berbasis digital di kabupaten Pasaman agar percepatan dan pemerataan pembangunan dan ekonomi di nagari dapat dilakukan semakin cepat.

Pada waktu yang bersamaan, di tempat terpisah yaitu di Kanagarian Panti, rombongan yang dipimpin oleh Prof. Gunawarman, Dr. Eng., Ir. Rudi Ferial, MT dan Ir. Masril Syukur, M.Eng. melaksanakan kegiatan rencana implementasi nagari digital di kenagarian Panti, kabupaten Pasaman. (rilis: humas-ftunand)