Tiffany Housware Payakumbuh Bina Karyawan Menjadi Enterpreneur

oleh -55 views

Payakumbuh–┬áSalah satu pusat pembelanjaan di Kota Payakumbuh, Tiffany Housware melaunching program Mitra Usaha dan Sedekah 1000, Rabu (1/2/2023) di Mall Tiffany Housware, Jl. Jenderal Sudirman No. 56 Kecamatan Payakumbuh Utara.

Owner Tiffany Housware dan Mart Payakumbuh, Rahmat Hidayat di Payakumbuh mengatakan, bahwa program Mitra Usaha Tiffany Houseware untuk pembinaan karyawan menjadi enterpreneur baru tersebut dalam rangka meningkatkan jumlah pengusaha, terutama pengusaha muda di Kota Payakumbuh.

“Kita melihat banyak masyarakat yang berminat terjun ke dunia usaha. Selain itu, dari yang kita lihat yang terjun ke dunia usaha itu adalah mantan-mantan karyawan. Mungkin karena rezeki belum ditangan usahanya bangkrut dan kembali menjadi karyawan,” sebut Rahmat Hidayat.

Untuk itu kataya, ia meluncurkan inovasi atau program Mitra Usaha itu untuk membantu memberikan pengalaman kepada masyarakat Kota Payakumbuh khusunya karyawan Tiffany Houseware untuk menjadi seorang pengusaha.

“Kita berharap nanti mitra usaha bisa keluar dari zona karyawan untuk menjadi seorang pengusaha yang bisa mandiri, menghasilkan pendapat sendiri hingga membuka lapangan kerja untuk masyarakat lainnya,” tuturnya.

Selain itu kata Rahmad Hidayat, mitra usaha tersebut nantinya akan diajarkan bagaimana cara berbisnis secara profesional dan tertib administrasi.

“Bagaimana nantinya, mitra kita ini ikut berkontribusi kepada Pemerintah Kota Payakumbuh dengan cara taat membayar pajak penghasilan dan pajak lainnya. Mitra juga sudah siap berbisnis secara formal dengan melengkapi segala surat perizinan usaha seperti izin usaha dari kelurahan, NIB, TDP, SIUP, SITU dan NPWP,” katanya.

Ia menyebut, dengan adanya program tersebut pihaknya akan lebih fokus dengan produk Housware yang berada dibawah brand Tiffany Housware.

“Konsep kita ini memberikan kesempatan kepada karyawan kita sendiri untuk menjadi pengusaha dengan kesepakatan keluar sebagai karyawan Tiffany Houseware. Artinya, mereka bukan karyawan kita lagi. Target kita sebanyak lima orang, namun untuk sekarang kita sudah siapkan dua orang dulu,” sebutnya.

Selain itu katanya, Tiffany Houseware juga meluncurkan program Sedekah 1000. Kegiatan itu mulai berjalan sejak 1 Februari 2023 hingga malam takbiran hari Raya Idul Fitri.

“Jadi dalam program ini, setiap masyarakat yang berbelanja di Tiffany Houseware transaksinya langsung disisihkan Rp1000 untuk sedekah. Nah, sedekah ini untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Pejabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Tiffany Houseware yang telah ikut berkontribusi terhadap inovasi-inovasi yang di dapat memberikan efek positif terhadap masyarakat di Payakumbuh.

“Terima kasih kepada Bapak Rahmad Hidayat terhadap program pembinaan ini. Kita Pemerintah Kota Payakumbuh sangat mendukung sekali inovasi seperti ini. Semoga kegiatan ini menjadi pilot project dan dicontoh pengusaha-pengusaha lainnya,” ucap Rida Ananda.

Ia menyebut, pihaknya akan memfasilitasi masyarakat yang terjun ke dunia usaha dengan memberikan pelayanan perizinan yang tidak berbelit-belit, mudah, dan tepat waktu.

“Apa yang dilakukan Tiffany Housewere merupakan salah satu langkah menjadikan masyarakat Payakumbuh terjun menjadi pengusaha. Semakin banyak pengusaha maka akan semakin banyak pula investor yang masuk ke Kota Payakumbuh dan akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Hadir juga pada kesempatan itu, Plt. Sekdako Payakumbuh Daftul Pasi, Kepala Dinas DPMDPTSP Meizon Satria, Kepala Dinas Koperasi UMKM M. Faizal, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Yunida Fatwa serta tamu undangan lainnya.(**)