Tim Pra PON Sumbar ke Final Jordus Cup

oleh -302 views
Pertandingan Pra PON Sumbar melawan Gasliko Limapuluh Kota di Lapangan Pulai Sungayang (foto: fantau)

Batusangkar,—Tim Pra PON Sumbar melaju ke final setelah mengalahkan Gasliko FC Limapuluh Kota di laga semifinal Turnamen Jordus Cup XVII di Lapangan Pulai, Nagari Sungayang, Tanah Datar, Sumatera Barat, Selasa 11/6 dengan skor 6 : 5, lewat drama adu penalti.

Babak I  dimulai pukul 16.30 Wib, pemain Pra PON Sumbar dengan pelatih Robby Mariandi langsung menyerang pertahanan Gasliko FC yang dilatih Tomi Hendrianto dan lebih menguasai pertandingan.

Beberapa peluang gol sempat tercipta dari kedua kesebelasan, namun anak-anak Pra PON Sumbar lebih dulu menciptakan gol hasil tendangan keras pemain depan Muhamad Qodri pada menit ke 14. Hasil 1 : 0 ini bertahan hingga turun minum.

Babak II, anak-anak Gasliko FC yang dikomandoi Ismail Hadi terus meningkatkan serangan. Namun dewi fortuna masih berada di Tim Pra PON Sumbar dengan hadiah penalti pada menit ke 53. Striker Diva Firdaus berhasil merobek gawang Gasliko FC yang dijaga Meijis Ariandi.

Tertinggal 2:0, pemain Gasliko FC meningkatkan serangan dan membuahkan hasil. Di menit ke 66 penyerang Gasliko FC Maroni berhasil memaksa penjaga gawang Pra PON M. Ridwan mengambil bola digawangnya.

Hasil 1:2 menambah semangat anak-anak Gasliko FC dengan terus meningkatkan serangan dan tampaknya kali ini dewi fortuna berada di mereka, pemain pengganti Febi Adiputra berhasil menambah gol di menit ke 73.
Skor 2:2 tak berubah hingga pertandingan usai.

Hasil draw 2×45 menit ini memaksa kedua tim harus melakukan adu penalti untuk memastikan satu tiket ke final demi merebut hadiah total Jordus Cup XVII sebesar Rp22 juta.

Juara I memperoleh Rp12 juta, Juara II Rp8 juta, Pemain Terbaik Rp1 juta, dan Pemain Gol Terbanyak Rp1 juta.

Enam eksekutor dari masing-masing tim sudah melakukan tendangan penalti. Empat pemain Pra PON yang berhasil melakukan eksekusi adalah Kurnia Ridho, Ari Aulia, M. Qodri, dan Rizki. Sementara tiga pemain Gasliko FC yang sukses melakukan eksekusi adalah Septia Yoza, Febi Adiputra, dan Dimas Pangestu.

Hasil ini memastikan Pra PON meraih satu tiket ke final menunggu lawannya antara Jordus Sungayang melawan Semen Padang U20 yang akan berlaga besok Rabu 12 Juni 2019.

Dalam statistik pertandingan, pemain Pra PON Sumbar diperkuat Penjaga Gawang M. Ridwan, pemain belakang Yerlan Satria, Boby Chandra, Yogi Septian, Kurnia Ridho, pemain tengah Zakihari Sandi, M. Ferdian, Fogi Angsisco, Ari Aulia, pemain depan M. Qodri dan Diva Firdaus. Pemain pengganti Aditya, Rizki Triando, Dandi, Yoga Andre, Farid Harsa, Iqbal Setiawan, Fauzi Idrus.

Sementara di kubu Gasliko FC, penjaga gawang Meijis Ariandi, pemain belakang Ismail Hadi, Gevin Alamsyah, Andri, Rino Susanto, pemain tengah Wahyu Ilahi, Septia Yoza, Aidil Putra, Atif Prasetyo, pemain depan Engi Praganta, dan Maroni. Pemain cadangan Febi Adiputra, Dimas Pangestu, Beni Gusti, dan M. Fajri.

Pertandingan dipimpin wasit Ego Sisnari, wasit garis Abdul Hakim dan Afdil Rizki dari Kota Batusangkar. Dua kartu kuning diberikan kepada satu pemain Pra PON Sumbar Kurnia Ridho dan satu pemain Gasliko FC, Wahyu Ilahi.

Penggagas Turnamen Jordus Cup Yasman Yanusar mengatakan pelaksanaan iven tahunan ini dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dengan disaksikan ratusan pecinta sepakbola Kabupaten Tanah Datar dan perantau.

Turnamen ini, tambah Yasman, terselanggara berkat dukungan Pemkab Tanah Datar, bantuan Anggota Dewan, PT. Semen Padang, Specs, OrtusEight, Oxygen Denim, Spotec, Ardiles, Delila, Rafhely Futsal dan para perantau Sungayang yang ada di seluruh Indonesia.

Sementara bagi penonton yang beruntung, panitia memberikan door prize yang berasal dari sponsor.
Ketua Panitia Pelaksana Syahrifal mengatakan tahun ini diikuti delapan tim yaitu Jordus FC (tuan rumah/juara bertahan), Tim Pra PON Sumbar, Semen Padang FC U20, Gasliko Limapuluh Kota, Persiju Sijunjung, PSKB Bukittinggi, Payakumbuh FC dan Talawi Putra Sawahlunto. (fantau)