Tingkatkan Inovasi dan daya saing produk, Kunango Jantan gandeng Teknik Unand.

oleh -690 views
Revolusi Industri 4.0 bagi Teknik Unand tidak ada kegamangan sedikut pun, bahkan siap tularkan inovasi dan daya saing dengan PT Kunango Jantan. (foto: dok/teknikunand)

Padang,—Bagi FakultasTeknik Unand tidak ada kata takut menghadapi era revolusi industri 4.0, bahkan Fakultas Teknik Unand ini membuka ruang lebar bagi siapa saja pelaku industri untuk tingkatkan inovasi dan daya saing.

Seperti PT Kunango Jantan Group, kelompok perusahaan yang fokus pada industri tiang listrik, tiang pancang dengan material baja dan beton, serta produk – produk precast (beton pra cetak) yang banyak digunakan dalam sektor industri konstruksi, ketenagalistrikan, pertambangan, telekomunikasi dan perhubungan serta transportasi menggandeng Fakultas Teknik Unand bekerjasama untuk meningkatkan kualitas produk dan inovasi serta diversifikasi produk dan bisnis secara berkelanjutan.

Kerjasama itu ditandai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) oleh Dekan Fakultas Teknik Unand Ir. Insannul Kamil, Ph.D, IPM, ASEAN Eng. dan Owner PT. Kunango Jantan Group H. Asril yang disaksikan langsung oleh Rektor Unand Prof. Dr. Tafdil Husni, MBA di Dekanat Fakultas Teknik Unand, Jumat 12 Juli 2019.

H. Asril pemilik PT Kunango Jantan Group mengatakan kerjasama ini merupakan bukti nyata bahwa industri yang dibangunnya akan tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dengan melibatkan dan bekerjasama dengan perguruan tinggi dalam melakukan riset dan pengembangan produk industri dan semua variannya dengan spesifikasi khusus dan jaminan kualitas yang semakin ketat dan tinggi untuk menjaga dan manjamin kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap semua produk yang dihasilkan oleh Kunango Jantan Group.

Rektor Unand Tafdil Husni berpesan agar kerjasama ini dapat terus ditingkatkan sebagai wadah bertemunya industri sebagai tempat aplikasi ilmu pengetahuan dengan perguruan tinggi, dalam hal ini Universitas Andalas yang terus meningkatkan hilirisasi hasil riset menjadi produk – produk komersial yang dapat diproduksi di Industri.

“Saya berikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap upaya berjodohnya hasil – hasil riset di Fakultas Teknik Unand dengan PT. Kunango Jantan, industri manufaktur yang dimiliki oleh alumni Unand, yang saat ini sedang menjadi industri swasta kebangggaan Sumatera Barat,” ujar Prof. Tafdil Husni.

Dr. Insannul Kamil, Dekan Fakultas Teknik Unand yang sangat populer dengan inovasi, kreativitas dan jejaringnya yang luas nasional dan internasional mengatakan kerjasama yang telah ditandatangani dengan PT. Kunango Jantan Group hari ini adalah langkah maju dalam membangun ekosistem inovasi di Universitas Andalas yang sedang dilakukan saat ini dengan melibatkan dunia industri.

Hari ini Fakultas Teknik menginisiasi kerjasama industri dengan perguruan tinggi, ke depan kerjasama ini harus terus berjalan dengan melibatkan sumberdaya yang dimiliki oleh seluruh Fakultas yang ada di Universitas Andalas, kolaborasi lintas disiplin ilmu tentu akan memberikan terbaik.

“Inovasi dan kolaborasi adalah kata kunci untuk merespon perubahan tatanan kehidupan baru pada era revolusi industri 4.0 yang mulai mengambil perannya saat ini,”ujar Isannul.(rilis: teknuk-unand)