Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat, Hendri Septa Resmikan Gedung SLRT Dinas Sosial

oleh -736 views
oleh
736 views

Padang – Wali Kota Padang Hendri Septa meresmikan gedung Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Bundo Kandung Kantor Dinas Sosial Kota Padang, Rabu (10/1/2024). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Hendri Septa didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Padang Heriza Syafani.

Dikatakan Hendri Septa, kehadiran gedung SLRT merupakan bentuk peningkatan layanan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Padang kepada masyarakat. Dengan adanya gedung ini nantinya masyarakat dapat melaporkan permasalahan sosial yang dialami untuk ditindaklanjuti oleh Dinas Sosial Kota Padang.

“Gedung SLRT juga bagian dari Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang harus diperoleh oleh masyarakat. Pada tahun 2023 lalu Kota Padang menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai kota terbaik nomor 3 se-Indonesia dalam penilaian SPM ini,” ungkap Hendri Septa.

Lebih lanjut Hendri Septa mengatakan, dengan adanya gedung SLRT diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan sosial masyarakat, terutama yang berkaitan dengan penurunan angka kemiskinan dan stunting.

“Alhamdulillah, kemarin kita baru saja mendapat penghargaan dan DAK sebesar Rp. 7,3 miliar yang diserahkan BKKBN Wilayah Sumatera Barat, karena terbaik dalam mengurangi angka keluarga berisiko stunting di Kota Padang. Selanjutnya kita juga akan berupaya menurunkan angka kemiskinan,” tambah Hendri Septa.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Padang Heriza Syafani mengatakan, gedung SLRT ini berfungsi untuk mengakomodir berbagai permasalahan sosial masyarakat yang masuk maupun yang belum masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Padang, yang belum terakomodir di tingkat kecamatan maupun kelurahan.

“SLRT merupakan layanan terpadu yang bertujuan untuk menampung dan menjembatani permasalahan sosial masyarakat, seperti masyarakat yang belum mendapat bantuan PKH, bantuan sekolah, bantuan pendidikan, bedah rumah, dan lain-lain bisa dilaporkan melalui gedung ini,” ucapnya.

Heriza Syafani menambahkan, gedung SLRT ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sarana prasarana seperti mesin antrian digital, mesin penilaian indeks kepuasan masyarakat, ruang bermain anak, dan fasilitas ramah disabilitas.

“Kami berharap dengan adanya gedung SLRT ini dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi masyarakat Kota Padang, karena ini merupakan tugas dan kewajiban kami sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Padang,” pungkas Heriza Syafani.