Tokoh Dhamrasraya Konkret, SR Dua Periode

oleh -147 views
Sutan Riska pemimpin yang ramah tidak dibuat-buat, saat menyambut Asrul Syukur beberapa waktu lalu di Dharmasraya. (foto: dok/al)

Dharmasraya,-–Tokoh Dharmasraya dan pernah menjadi pejabat bupati tahun 2004, Asrul Syukur, konkret beri dukungan untuk Sutan Riska dua periode.

“Saya bangga pada Sutan Riska Tuanku Kerajaan jadi Bupati Dharmasraya di usia muda tapi kemampuannya memimpin di kabupaten ini melebihi ekspektasi banyak orang, baik di Dharmasraya maupun di Padang bahkan sampai di Jakarta sana,”ujar Asrul Syukur kepada wartawan Jumat 25/9 lewat daring.

Katanya sebagai sosok anak muda yang memimpin suatu daerah dianggap berhasil dalam memimpin.

”Saya ikuti selalu tipologi kepemimpinan SR (Sutan Riska) kuncinya beliau memimpin dengan sungguh-sungguh dan dengan hati, sehingga kemajuan pembangunan di Dharmaraya lima tahun ini sangat pesat,”ujar Asrul Syukur.

Terkait kedekatannya dengan Pemerintah Pusat. Ia dekat dengan Presiden RI, Joko Widodo yang kebetulan didukung oleh PDIP. Karena dalam proses pembangunan menurut Asrul Syukur, tidak dapat didukung penuh oleh APBD. Jadi harus didukung penuh oleh anggaran pusat, dan harus berjuang penuh untuk mendapatkannya.

Dan Sutan Riska bisa meraup besar dalam meraup dana pusat tersebut, ini dibuktikan saat Presiden datang ke Dharmasraya. Sutan Riska dapat mendekati Presiden, selaku anak muda. Dan Asrul pun melihat secara personal Presiden menganggap Sutan Riska sebagai anaknya. Sehingga seluruh menteri yang di bawah Presiden, kalau Presiden sudah memiliki pandangan tertentu sebagai Kepala Daerah, maka dengan sendirinya menteri tersebut akan dekat juga dengan Kepala Daerah tersebut.

Terlebih lagi, Menteri PUPR yang dilihat oleh Asrul sangat dekat dengan Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Ini membuat dia mulus untuk meraih dana-dana pusat.

“Sutan Riska punya modal untuk membangun Dharmasraya, sebagai anak muda dia memiliki potensi untuk terus memimpin Kabupaten Dharmasraya. Terlebih lagi dia dekat dengan Presiden, yang memuluskan semua keinginannya untuk membangun Kabupaten Dharmasraya. Nah ini sebagai jalan tol untuk Sutan Riska dalam membangun Kabupaten Dharmasraya. Apalagi Dia  sangat dekat dengan Menteri PUPR, yang memiliki segudang dana untuk pembangunan infrastruktur,” ungkap Asrul Syukur.

Modal dekat dengan Presiden Jokowi dan menteri di kabinet dijadikan Sutan Riska untuk merealisasikan banyak mimpi Dharmasraya yang merupakan kabupaten terbilang muda di Sumbar.

Lihat ada bagaimana infrastrukut bernilai puluhan miliar rupiah ada di Dhamrasaya, seperti  Jembatan Pulai, embung dan pembangunan lainnya.

Asrul yang mengatakan bahwa dirinya adalah orang demokrasi melihat, memang di lapisan masyarakat ada yang pro dan kontra. Namun, jika sudah ada beberapa pembangunan yang terwujud, maka itu dapat dikatakan bahwa demokrasi telah berjalan dengan baik. Karena nabi saja tidak 100 persen disenangi oleh kaumnya.

“Jika pembangunan sudah berjalan atau sedang berjalan, maka harusnya dilanjutkan. Karena kalau ada yang baru menduduki pemerintahan, maka akan susah juga untuk mencari jalan lagi memperoleh dana dana di pusat. Nah, ini susahnya nanti,”ujar Asrul.

Asrul pun melihat Sutan Riska adalah sosok yang ramah, ramah yang dimiliki SR tidak dibuat-buat. Jadi inilah yang membuat dia disayang semua orang.

”Sutan Riska pun dinilai sangat merakyat, dapat terjun langsung ke berbagai lapisan masyarakat. Bukan sekedar basa basi yang dilakukannya, terlebih lagi saat ini mau Pilkada, maka orang melakukan basa basi supaya disayang masyarakatnya. Sutan Riska tidak  basa basi, tapi keramahan yang murni terpancar dari jiwanya. Makannya dia disenangi semua orang, untuk itu hendaknya perjuangan membangun Dharmasraya ini dilanjutkan Sutan Riska,”ujar Asrul.(al)