Top, Listrik Sumbar Siap Hingga 5 Tahun!

oleh -157 views
GM PLN Bambang Dwiyanto menyerahkan contoh kompor listrik kepada Anggota DPD Herman Darnel Ibrahim (foto: ayh)

Padang,—Ketersediaan daya listrik di Sumbar makin menyenangkan investor. Jika bangun hotel atau industri apa pun, PLN siap menyediakan daya listriknya. Bahkan kesiapan itu diperkirakan hingga lima tahun ke depan.

Kabar baik itu terungkap pada dialog antara Anggota DPD RI DR. Ir. H. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc dengan jajaran PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumbar, Jumat (24/5). General Manager PLN Bambang Dwiyanto melakukan ekspose didampingi empat senior manager PLN wilayah Sumbar.

Ketersediaan listrik Sumbar itu berasal dari PLTU 424 MW, PLTA 243 MW, PLTG 49 MW dan PLTMH 26 MW. Totalnya mencapai 742 MW. Jumlah itu masih akan terus bertambah dengan makin banyaknya potensi energi terbarukan di Sumbar, seperti panas bumi dan mikro hidro.

“Sumbar saat ini ketahanan energinya paling baik di Sumatera,” kata Bambang Dwiyanto.

Atas kondisi handalnya ketersediaan listrik PLN di Sumbar, Herman Darnel Ibrahim meminta Pemerintah Daerah, baik provinsi dan kabupaten/kota memanfaatkan posisi itu sebagai bagian dari promosi daerah.

“Jika Pak Gubernur merayu investor, salah satu daya saing yang bisa dibanggakan adalah jaminan ketersediaan listrik, baik untuk perhotelan mau pun industri lainnnya,”ujar Herman Darnel Ibrahim.

Untuk jangka panjang, PLN terus meningkatkan kehandalan jaringan dan distribusi listrik di Sumbar. Konkritnya PLN membangun GIS Kota Padang, GI Bingkuang, GI Sungai Rumbai, GI Tapan, GI Lubuk Sikaping dan GI Ujung Gading. Tujuannya agar penyediaan listrik handal dan tidak ada padam-padamnya.

Dalam dialog Senator Herman Darnel Ibrahim dengan PLN Sumbar ini juga terungkap adanya kendala tanah dalam pembangunan GI, terutama menyangkut tanah ulayat. Karena itu, Herman Darnel Ibrahim dan Bambang Dwiyanto sepakat akan melakukan pendekatan melalui Pemda dan ninik mamak.

Saat ini PLN Unit Induk Wilayah Sumbar memiliki pelanggan 1,3 juta dengan berbagai Kategori yaitu industri, masyarakat dan rumah ibadah. Dalam Ramadhan 1440 H ini, PLN mengadakan bulan diskon 50 persen untuk tambah daya dan khusus rumah ibadah diskon 100 persen untuk pelayanan tambah daya. (ayh)