Top Nih, Program Paslon Perseorangan Sumbar, Satu Miliar Tiap Kecamatan per Tahun

oleh -256 views
Yakin Rp 1 Miliar per Kecamatan, Genius Umar pastikan tidak membangkrutkan APBD Sumbar yang kini sudah Rp 6 triliun lebih, Kamis 2/7 (foto: dok/fagecenter)

Pariaman,—-Ayo intip program hebat pasangan calon perseorangan Pilkada Sumbar 2020, Irjen Fakhrizal-Dr. Genius Umar. Sulit terbuka tapi kelihaian media akhirnya program waoo Paslon ini pun terungkap juga.

Apa itu? Nih, Rp 1 Miliag untuk satu kecamatan se Sumbar. Menurut Genius Umar itu bisa dan tidak mengganggu postir APBD Sumbar yang Rp 6 sampai 7 triliun itu.

“Rp 1 Miliar per Kecamatan , Sumbar mampu dan tidak akan bagkrut kok, dana itu bisa dikelola langsung oleh kecamatan dapat digunakan untuk percepatan program infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, pmenerdayaan rakyat. Dana desa saja se Indonesia bisa, masak untuk kecamatan se Sumbar tidak bisa,”ujar Genius Umar Kamis 2/6 di Pariaman.

Kata Genius Umar Tugas gubernur menyiapkan regulasinya, teknis pengelolaannya agar dana satu miliar tiap kecamatan itu dapat dikelola dengan baik dan benar dan tidak melabrak ketentuan yang berlaku.

Dengan dana satu miliar per kecamatan per tahun, lanjut Genius Umar maka tak hanya bangunan fisik yang bisa terselesaikan, tapi juga persoalan ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

“Termasuk untuk peningkatan SDM anak-anak di kecamatan dengan program Satu Rumah Satu Sarjana, yang ditujukan bagi anak-anak keluarga miskin yang berprestasi tapi tidak punya biaya untuk menguliahkan anaknya. Jadi, dengan satu miliar per kecamatan ini banyak persoalan pembangunan bisa teratasi,” ujar Genius terkenal dengan  sebutan sangWalikota Pariaman yang visioner ini.

Soal sumber dananya, lanjut Genius, Sumbar memiliki 159 kecamatan, total anggaran yang dibutuhkan hanya Rp 159 miliar per tahun. Dengan APBD Sumbar saat ini lebih dari Rp 6,5 triliun, maka alokasi anggaran untuk program satu miliar tiap kecamatan ini tak akan membangkrutkan APBD Sumbar.

“Apalagi bila kita bisa menggenjot pendapatan dari sektor lain, maka angka Rp 159 miliar itu jadi sangat kecil, tapi dampak pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sosial kemasyarakatannya sangat besar. Saya yakin, program ini sangat mudah dilakukan. Percayalah,”ujar Genius. (rilis: fagecenter)