Tradisi Riset NBER

oleh -45 views
Prof Elfindri. (foto: do)
Prof Elfindri (foto: dok/google)

Elfindri Dir SDGs UNAND

NBER merupakan singkatan National Bureau of Economics Research milik Amerika Serikat.

Sebuah lembaga riset yang menyelenggarakan riset ekonomi.semenjak dulu, ratusan ribu jumlah riset diajukan oleh peneliti dari PT dan dibiayai.

Hasil dari riset kemudian dijadikan sebagai ‘working paper’ untuk dibahas secara mingguan oleh peneliti panel yang lain, dilanjutkan membahasnya pada kesempatan lain di beberapa tempat PT.

Dan puncaknya para peneliti bersatu mengikuti konferensi yang dilaksanakan oleh asosiasi ekonom Amerika Serikat (American Economic Association, AEA).

AEA kemudian mengelola pertemuan tahunan yang menjadi masukan bagi perkembangan ilmu ekonomi, beserta cabang cabangnya.

Bagi paper dari hasil riset yang bagus kemudian diterbitkan secara competitive di jurnal jurnal ternama, seperti American Economic Revew, Journal of Economic Literature, dan puluhan jurnal papan atas.

Bagi NBER cukup working paper. Mengakomodasi hasil dari riset. Mereka menyelenggarakan pertemuan mingguan rutin tanpa sertifikat.

Tradisi riset yang konsisten telah membuat kemajuam yang luar biasa dalam dunia ilmu pengetahuan, khususnya ekonomi.

Kebetulan penulis ikut anggota asosiasi ekonomi tersebut. Syaratnya mudah, cukup menjadi members kemudian kita mendapatkan informasi yang lengkap semua aktifitas.

Menariknya adalah tradisi riset tingkat tinggi yang dihasilkan adalah kemajuan dalam tradisi berfikir. Dengan sendirinya diskusi pada bidang apa saja akhirnya terakumulasi dengan tahapan bagaimana kebijakan terbaik yang perlu diambil.

Penelitian dengan metoda yang baik akhirnya bisa dijadikan sebagai scientific based policy. Dimana sebuah kajian menemukan bahwa kebijakan yang didasari dari hasil sains akan lebih baik dibandingkan dengan yang diambil secara commond sense.

Budaya riset yang nampak adalah kekuatan institusi badan riset menyelenggarakan aktifitas riset. Lembaga riset Amerika Serikat, nasional academic of sains (NAS) sebagai induk dari NBER merupakan institusi yang jauh dari politik. Institusi yang stabil dan efisien.

Sementara para peneliti hidup di kampus di bawah institusi riset (institute) dimana anggotanya adalah peneliti dan mahasiswa.

Tradisi bekerja secara institusi telah menghasilkan eksternalities untuk menemukan berbagai kebijakan apa saja di bidang ekonomi.

Media dan pemerintah daerah memerlukan ekspert yang tersedia di institute PT tinggal berkolaborasi yang lahirkan hasil seperti inovasi dan terobosan kebijakan.tradosi riset yang demikian melahirkan singkronisasi pekerjaan.

Tidak ada yang salah menyalahkan. Untuk ekonomi derijennya ada pada NBER. Mereka produktive menghasilkan riset berkualitas tinggi.

Tisak seoerti kita, asosiasi tidak khusuk seperti mengurus model AEA. Pemerintah apa lagi, berisikan mereka yang tidak berdedikasi tinggi, apalagi partai politik

Pembenahan tradisi riaet mesto ditujukan pada penguatan institusi riset dimana para penelitinya mesti bekerja all out.(analisa)