Travel Agent Dibawa ke Destinasi Wisata Sumbar agar Yakin Siap Dikunjungi

oleh -84 views
Para agent travel luar Sumbar masih jadikan ranah minang destinasi utama untuk konsumen turis nusantara. Peserta Sunbar Fista tengah mengunjungi destinasi di Puncak Lawang. (dok)

Padang,— Masih didera badai pandemi covid-19 selama yang berjalan menuju 2 tahun, ternyata nama Sumatera Barat masih melekat erat di ingatan wisatawan sebagai salah satu destinasi utama, terutama untuk pasar domestik.

Itu terungkap saat kegiatan Pasar Wisata bertajuk “Sumbar Fiesta” yang digelar sejak 3-7 Oktober 2021.

Salah seorang peserta asal Jawa Barat Aziz Mutaqin mengungkapkan bahwa Sumbar memiliki objek dan atraksi wisata yang sangat menarik.

Pengalaman pertama yang dilaluinya di Nagari Lawang menjadi sesuatu yang sangat istimewa. Bukan hanya keindahan alam yang bisa dinikmati, namun juga atraksi paralayang.

“Ini poin penting yang sangat layak untuk dijual. Yang tidak kalah istimewa adalah potensi MICE (Meetings, Incentives, Conventions, Exhibitions) yang dimiliki Sumbar juga sudah sangat layak jual, karena sudah memiliki fasilitas pendukung yang sangat lengkap,” ungkapnya.

Sedangkan peserta lain, Suyanto asal Sumut mengaku sangat terkesan dengan keramahan masyarakat dan kelezatan kuliner yang dimiliki Sumbar.

Ia berharap dapat segera berkolaborasi dengan travel agents/ tour operators lain yang ditemui selama table top meeting untuk membuatkan paket-paket perjalanan wisata ke Sumbar.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial, menjelaskan bahwa Sumbar Fiesta sengaja dirancang sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Sumbar 2021.

Dinas Pariwisata mengambil momentum HUT ini sekaligus menggairahkan kembali sektor kepariwisataan Sumbar setelah dihantam badai pandemi.

Iven ini sengaja dirancang dengan memperkenalkan sejumlah daya tarik wisata terlebih dahulu selama dua hari kepada para peserta. Mereka dibawa ke destinasi wisata Sumbar.

Dengan mengunjungi dan melihat langsung, mereka bisa lebih yakin terhadap destinasi yang akan dipasarkan. Sesuai konsep promosi “seeing is believing”.

Setelah yakin, maka pada hari terakhir para peserta yang merupakan travel agents/ tour operators dari luar Sumbar, yakni Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Jakarta, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mereka dipertemukan dengan travel agents/ tour operators asal Sumbar dalam sebuah pertemuan bisnis. Tujuannya agar mereka bisa menciptakan jaringan bisnis baru dan paket-paket perjalanan wisata baru yang inovatif.

“Dengan begitu bisa menggairahkan kembali kunjungan wisatawan ke Sumbar. Muaranya pada manfaat ekonomi bagi para pelaku wisata, masyarakat, dan daerah secara umum,”ujar Novrial.

Lebih lanjut Novrial menjelaskan kegiatan ini upaya mewujudkan Sumbar madani yang unggul dan berkelanjutan serta meningkatkan sektor ekonomi kreatif dan daya saing kepariwisataan.(rls)